PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH PADA KSP SENDANG ARTHA MANDIRI KEC.WUNGU KAB.MADIUN

Authors

  • Ayu Sulistyorini .

DOI:

https://doi.org/10.25273/equilibrium.v3i1.1030

Keywords:

Promosi biaya, Peningkatan Jumlah Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya promosi pada musim semi KSP Artha Mandiri, dan ingin mengetahui peningkatan jumlah pelanggan pada musim semi KSP Artha Mandiri, dan ingin tahu apakah ada efek pada biaya peningkatan jumlah pelanggan Promosi pasa musim semi KSP Artha Mandiri. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode desain penelitian deskriptif korelatif. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel purposive teknik sampling dengan pertimbangan khusus. Sedangkan teknik wawancara yang digunakan dalam pengumpulan data dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan uji korelasi dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya promosi memiliki hubungan dan pengaruh positif pada peningkatan jumlah pelanggan. Terbukti dari hasil analisis regresi dinyatakan sebagai Y = a + bX, hasil Y = 110,928 + 0,044X, yang berarti bahwa jika biaya promosi akan meningkat sebesar 1%, akan ada peningkatan jumlah pelanggan sebanyak 0.044%, jika faktor-faktor lain tetap konstan. Dari hasil yang diperoleh bahwa nilai korelasi adalah 0,744, sedangkan nilai rhitung rtabel pada N = 15 adalah 0,514. Ini berarti bahwa rhitung ≥ rtabel (0,744 ≥ 0,514). Sedangkan uji F diketahui bahwa nilai F pada 16 138, nilaiFtabel dengan DF1 = 1 dan residu atau DF2 = 13 di 4,667. Pada hasil uji t diperoleh pada 4, 015, sementara ttab pada tingkat nyata 0,05 pada 1771. Hal ini dapat dikatakan thit> ttab (4,015> 1,1771) atau Sighit <sigprob (0,000 <0,05). Dapat disimpulkan, ada biaya promosi yang signifikan untuk meningkatkan jumlah pelanggan di KSP musim semi Arta Mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adenk Sudarwanto. 2014. Mengelola Pajak Koperasi untuk Kesejahteraan Anggota. Jurnal STIE Semarang Vol.6, No.1 (http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=10&cad=rja&uact=8&ved=0CGgQFjAJ&url=http%3A%2F%2Fjurnal.stiesemarang.ac.id%2Findex.php%2FJSS%2Farticle%2Fdownload%2F96%2F87&ei=43LKU86nB5OHuATtmYHACw&usg=AFQjCNGGHxdqFMMNFxJQPFyrGkBm2edk-w&bvm=bv.71198958,d.c2E) Di unduh 6 Maret 2014

Adisaputro, Gunawan. 2010. Manajemen Pemasaran: Analisis Untuk Perancang Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Arikunto, Suharsimi.2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan, 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Augustine, Yvonne and Kristaung, Robert. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis dan Akuntansi. Jakarta : Dian Rakyat

Boyd, Walker dan Larreche. 2000. Manajemen Pemasaran : Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global, Edisi Kedua. Jakarta : Erlangga

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Gabriel Amin Silalahi, 2003. Metode Penelitian dan Study Kasus. Sidoarjo: CV. Citra Media.

Husein Umar, 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta, Rajawali Pers.

Kasmir. 2004. “Manajemen Perbankanâ€. Edisi tiga, Jakarta; PT Raja Grafindo Persada

Kasmir. 2007. “Manajemen Perbankanâ€. Edisi tiga, Jakarta; PT Raja Grafindo Persada

Kasmir. 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Kasmir, 2008, Pemasaran Bank. Jakarta : Kencana.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Phillip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip dan Lee, Nancy. 2007. Pemasaran di Sektor Publik: Panduan praktis untuk meningkatkan Kinerja Pemerintah. Terjemahan M. Taufik Amir. PT.Macanan Jaya Cemerlang.

Lamb, Hair, McDaniel. 2001. Manajemen Pemasaran, Buku 2. Jakarta : Penerbit Salemba Empat

Nurul Latifah.P. 2006. Akuntansi untuk Koperasi Simpan Pinjam atau Unit Simpan Pinjam. Jurnal Fokus Ekonomi Vol.1, No.1. (http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=7&cad=rja&uact=8&sqi=2&ved=0CFEQFjAG&url=http%3A%2F%2Fstiepena.ac.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2012%2F11%2Fpena-vol-1-no-hal-63-80.pdf&ei=F2LKU4j7KNeJuATOlIKICw&usg=AFQjCNEujYpLr79JqILIMbitoaiKuKNnJQ&bvm=bv.71198958,d.c2E) Diunduh 6 Maret 2014

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian : Skripsi, Tesis, Di sertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta : Kencana.

Pandji Anoraga. 2007. Pengantar Bisnis. Jakarta Rineka Cipta

Poerwadarminta. W. J. S. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Saduldin. 2013. Analisis Pemberian Kredit Mikro Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Manado. Jurnal EMBA Vol.1,Vol.4. (http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&sqi=2&ved=0CCIQFjAB&url=http%3A%2F%2Fejournal.unsrat.ac.id%2Findex.php%2Femba%2Farticle%2FviewFile%2F2824%2F2375&ei=oGDKU7PxL4G7uATYl4C4Cg&usg=AFQjCNEbVp25VvYlFPARoXH7t0lHhGdC9w&bvm=bv.71198958,d.c2E) Di unduh 6 Maret 2014

Sugiyono. 2010. MetodePenelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta

Sunyoto, Danang. 2012. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran Konsep, Strategi, Dan Kasus. CAPS: Yogyakarta.

Suyanto, Bagong dan Sutinah. 2005. Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencana.

Triyono. 2013. Motode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Downloads

Published

07-01-2015

Issue

Section

Articles