https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/dedukasi/issue/feedD'edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat2024-12-30T00:00:00+07:00Farida Styaningrumfaridastyaningrum@unipma.ac.idOpen Journal Systems<p>D'edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat diterbitkan oleh Universitas PGRI Madiun. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu pada Juni dan Desember. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini yaitu kegiatan hasil pengabdian masyarakat pada bidang pendidikan, akuntansi, ekonomi, dan kewirausahaan.Harapan dari terbitnya jurnal ini adalah untuk menampung dan menyebarluaskan informasi mengenai hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang memberikan solusi atas permasalahan yang berada pada mitra (masyarakat produktif maupun nonproduktif).</p> <p>D'edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat memiliki ISSN:Â <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20210705582034630" target="_blank" rel="noopener">2798-3846</a>Â (Online Elektronik)</p> <p>Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nomor 72/E/KPT/2024, tanggal 1 April 2024 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2024, dengan hormat bersama ini kami sampaikan hasil akreditasi jurnal <strong>D'edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat</strong> yaitu Akreditasi Baru <strong>Peringkat 5</strong> mulai Volume 1 Nomor 2 Tahun 2021 sampai Volume 6 Nomor 1 Tahun 2026.</p> <p>Mulai terbitan Desember 2024, D'edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat memberlakukan biaya publikasi bagi penulis yang akan menerbitkan artikel. Biaya Publikasi Sebesar Rp150.000</p>https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/dedukasi/article/view/20885PENINGKATAN NILAI ENTREPRENEURSHIP DAN MINAT BERWIRAUSAHA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN FIELD TRIP UMKM2024-12-05T14:47:07+07:00Bestari Dwi Handayanibestarihandayani@mail.unnes.ac.idAmin Pujiatiamin.pujiati@mail.unnes.ac.idIsmiyati Ismiyatiismiyati@mail.unnes.ac.idTri Suminartri.suminar@mail.unnes.ac.idDhela Septia Anggarettadhelaseptiananggaretta29@mail.unnes.ac.id<p>Tujuan PkM untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman anak didik tentang <em>entrepreneurship value</em> serta menumbuhkan minat anak didik untuk menjadi wirausahawan dengan memberikan pengalaman berkunjung langsung ke UMKM melalui kegiatan <em>field trip</em>. Metode pelaksanaan kegiatan adalah ceramah, diskusi, demonstrasi, dan <em>field trip</em> ke Usaha Pemerahan Sapi di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah. Melalui kegiatan <em>field trip</em> UMKM, seluruh peserta telah mendapatkan pengetahuan dan pengalaman tentang bagaimana merawat dan memelihara sapi. Selanjutnya siswa diajak untuk melihat proses pemerahan susu sapi dan dilanjutkan dengan melihat cara membuat susu sapi. Dari kegiatan <em>field trip</em> dijelaskan bahwa banyak hal yang bisa dimanfaatkan secara ekonomis, dari dagingnya, kulitnya dan juga susu sapi. Semua penjelasan dari kegiatan <em>field trip</em> UMKM, siswa dapat memahami berbagai manfaat ekonomi dari memelihara hewan sapi, ada banyak produk yang dihasilkan dan dapat memiliki nilai ekonomi untuk diperjual belikan. Kegiatan PkM berjalan dengan baik dan sangat bermanfaat dalam meningkatkan dan menanamkan nilai-nilai karakter kewirausahaan sejak anak usia dini. Untuk itu, peserta sangat berharap bahwa kegiatan ini dapat berkelanjutan, tidak hanya selesai sampai pada kegiatan <em>field trip</em> UMKM saja, namun pada kegiatan-kegiatan lainnya yang membantu pembelajaran sekolah menjadi lebih baik.</p>2024-12-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 D'edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://e-journal.unipma.ac.id/index.php/dedukasi/article/view/21334PENDAMPINGAN PEMBUATAN MODUL PEMBELAJARAN DIGITAL BAGI GURU SD NEGERI2024-12-09T15:49:05+07:00Septi Dariyatul Ainisepti_math@unira.ac.idAgus Subaidiagus_math@unira.ac.idChairul Fajar Tafrilyantochairul_math@unira.ac.idEma Surahmiemasurahmi_math@unira.ac.idKhairun Nisaanisaarrasyid2002@gmail.comBadrus Salehsholehbadrus049@gmail.com<p>Era digital menghadirkan peluang dan tantangan baru dalam dunia pendidikan, termasuk kebutuhan akan media pembelajaran yang inovatif, salah satunya yaitu modul pembelajaran digital. Permasalahan saat ini yang dihadapi mitra kami yaitu SDN Bugih 1 Pamekasan adalah kurangnya kemampuan guru dalam merancang modul pembelajaran digital secara mandiri sehingga dapat menyesuaikan dengan karakter dan kondisi siswa yang dibina. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam merancang pembuatan modul pembelajaran digital di SDN Bugih 1 Pamekasan. Melalui metode pendampingan ini, guru diberikan pengetahuan dan keterampilan untuk membuat modul pembelajaran digital yang menarik, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Pelatihan meliputi penggunaan aplikasi <em>Canva</em> untuk desain modul, <em>Heyzine Flipbook</em> untuk membuat modul berbentuk flipbook, dan <em>Wordwall</em> untuk menciptakan kuis interaktif sebagai konten modul. Hasil pendampingan menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan guru, dimana semua peserta mampu membuat modul digital lengkap dengan animasi, video, dan kuis. Implementasi modul di kelas menunjukkan respons positif dari siswa, yang lebih antusias dalam belajar. Kegiatan ini memberikan kontribusi nyata dalam mendorong kreativitas guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis teknologi.</p>2024-12-31T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/dedukasi/article/view/21227OPTIMALISASI KOMPETENSI GURU SEJARAH MELALUI PENDAMPINGAN PENERAPAN INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK2024-12-05T14:52:52+07:00Khoirul Hudapujiastutinina918@gmail.com<p>Mata pelajaran sejarah hingga saat ini dianggap kurang menyenangkan. Salah satu penyebabnya guru belum banyak menampilkan kreasi mengelola pembelajaran yang berdampak pada siswa. Hal ini mengindikasikan belum optimalnya kreativitas mendesain pengajaran sejarah yang berkesan. Pada saat mengajar dominan menampilkan metode lama yakni ceramah bervariasi dan media belum kekinian seperti power point atau peta kertas. Tujuan pengabdian untuk meningkatkan cara mengajar dengan menggunakan inovasi model pembelajaran berbantuan teknologi bersifat aplikatif. Metode pendampingan dengan pendekatan pemberian pengetahuan dan layanan asuh melalui sistem amatan ketika guru mengajar. Lokasi di kelas sejarah program studi pendidikan profesi guru Universitas PGRI Madiun. Hasilnya menunjukkan ada perubahan terhadap keterampilan mengajar menjadi makin inovasi. Dari sepuluh guru sejarah yang menjadi mitra sebanyak sembilan orang menerapkan inovasi model pembelajaran berbasis masalah dan <em>discovery learning</em>. Kemudian sebanyak lima orang juga telah memadukan aspek TPACK pada implementasi media canva maupun wakelet. Pada saat mengajar media ini mengintegrasikan materi sejarah melalui model pembelajaran. Perubahan cara mengajar tersebut direspons positif siswa dengan selalu aktif dan bersemangat selama kelas sejarah.</p>2024-12-31T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/dedukasi/article/view/21416PENINGKATAN KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS 7 MTSN KOTA MADIUN2024-12-09T15:13:42+07:00Ramadhan Prasetya Wibawaramadhan@unipma.ac.idErsin Indraningrumersin123751@gmail.comUmi Ma’rifahumi_2202107028@mhs.unipma.ac.idSyukur Nur Widhiyahsyukur_2202107027@mhs.unipma.ac.idAliffya Nori Nur Qolbu Janahaliffya_2202107019@mhs.unipma.ac.id<p>Pesatnya perkembangan teknologi informasi di era globalisasi saat ini memberikan dampak yang sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Perkembangan saat ini menuntut dunia pendidikan untuk senantiasa beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada untuk meningkatkan mutu dalam pendidikan. Salah satu dari sekian banyak aplikasi teknologi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dan mengajar adalah canva, sebuah desain online yang menawarkan berbagai jenis media pembelajaran seperti presentasi, logo, brosur, id card, banner, sertifikat dan lain-lain. Tujuan diadakannya pelatihan Canva berbasis <em>Project Based Learning</em> ini yaitu agar generasi muda mampu menghasilkan karya desain kreatif yang dibuat berdasarkan permasalahan disekitar sekolah berdasarkan materi pelajaran. Dalam pelatihan ini metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode persuasif dilakukan secara bertahap, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan berjalan dengan lancar serta setiap kelompok dapat mengikuti kegiatan sampai akhir. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu dan menjadikan siswa kreatif dalam mendesain dengan aplikasi Canva.</p>2024-12-31T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/dedukasi/article/view/21444MENINGKATKAN KOMPETENSI ALUMNI YANG MENJADI GURU AKUNTANSI SMK MELALUI EDUKASI PROBLEM DALAM MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF2024-12-11T15:32:27+07:00Sulastri sulastrisulastri.fe@um.ac.idDiana Tien Irafahmidiana.tien.fe@um.ac.idSulikah sulikahsulikah.fe@um.ac.idReno Hibatul Wafireno.hibatul.2104216@students.um.ac.id<p>Pembelajaran abad-21 menuntut guru untuk mampu menciptakan pembelajaran inovatif yang mampu membentuk keterampilan abad-21 peserta didik. Pembelajaran abad-21 mengharapkan guru pada proses pembelajaran menerapkan model-model pembelajaran inovatif, tidak lagi menggunakan model pembelajaran tradisional. Terdapat empat jenis model pembelajaran inovatif yang merefleksikan pembelajaran abad-21 yaitu <em>inquiry learning, discovery learning, problem based learning</em> (PBL) dan <em>project based learning</em> (PjBL). Hasil survey awal juga menunjukan bahwa beberapa guru sudah ada yang mencoba menerapkan model pembelajaran inovatif seperti PBL, tetapi masih terdapat kesalahan dalam menerapkan model PBL. Sintak PBL belum diterapkan dengan sebenarnya oleh guru akuntansi. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah memberikan edukasi dan pelatihan tentang bagaimana yang seharusnya menurut konsep dan pedagogy dalam menerapkan model pembelajaran inovatif, terutama pada sintaks orientasi peserta didik pada masalah (problem).</p>2024-12-31T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024