PENDAMPINGAN PEMANFAATAN ICT DALAM LOMBA KOMPETENSI SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.25273/dedukasi.v1i1.9583Abstract
Kondisi Pandemi COVID-19 yang belum mereda, turut berdampak pada pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK bidang keahlian Akuntansi dan Keuangan. Pelaksanaan lomba yang biasanya dilakukan secara luring, harus beralih ke daring dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Peralihan sistem ini tentu membutuhkan keahlian ICT yang memadai untuk mendesain sistem lomba yang menjamin akuntanbilitan dan kredibilitas proses pelaksanaan dan penilaian. Untuk itu tim pelaksana pengabdian melakukan pendampingan pemanfaatan ICT dalam lomba tersebut. Pada proses perancangan sistem lomba dicapai suatu kesepakatan untuk menggabungkan beberapa platform yang biasa digunakan dalam bidang pendidikan yaitu Zoom Cloud Meeting dan Microsoft Teams beserta semua fitur yang tersedia di dalamnya. Hasil pelaksanaan pendampingan sangat bermanfaat, dibutikan dengan kegiatan lomba yang berjalan dengan lancar tanpa adanya protes dari peserta terkait penilaian ataupun adaptasi teknologi yang digunakan.
Downloads
References
Klaudius, J. B., Nurmansyah, W., & Akbar, R. (2019). Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Perlombaan Berbasis Cc5+ OSTRANAS III “Perwujudan Nilai - Nilai Cc5+.†Jurnal ABDI, 4(2), 67–71. https://doi.org/10.26740/ja.v4n2.p67-71
Pattiwael, J. F. (2021). Analisis Perilaku Pengguna Zoom Meeting Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (Tam) Pada Kegiatan Webinar. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 134–151.
Sarea, A., Alhadrami, A., & Taufiq-Hail, G. A.-M. (2021). COVID-19 and Digitizing Accounting Education: Empirical Evidence From GCC. PSU Research Review, 1–6. https://doi.org/10.1108/prr-10-2020-0034
Shaharruddin, S., & Musa, M. M. (2021). Collaborate and Engage with Students during the COVID-19 Pandemic: Transforming Teaching for the 21st Century Learners. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 2357–2367. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i3.1220
Suib, M. (2012). Kemampuan TIK Guru dan Tenaga Kependidikan (SDM) Berperan dalam Peningkatakan E-Learning dan E-Governance. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(1), 675–683. https://doi.org/10.26418/jvip.v7i1.336
Utami, L. R., & Subadi, T. (2016). Pengelolaan Pembelajaran Akuntansi di SMK. Jurnal VARIDIKA, 28(1), 43–50. https://doi.org/10.23917/varidika.v28i1.2403
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.