STRATEGI PEMASARAN JAMU DI ERA INDUSTRI 4.0

Authors

  • Liana Vivin Wihartanti Universitas PGRI Madiun
  • Ramadhan Prasetya Wibawa Universitas PGRI Madiun
  • Ihtiari Prasetyaningrum Universitas PGRI Madiun
  • Isharijadi Isharijadi Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/dedukasi.v1i1.9580

Abstract

Di era industri 4.0 inovasi produk merupakan ciri pengembangan produk itu kearah lebih maju, dan strategi pemasaran sebagai pendorong untuk meningkatkan nilai jual produk unggulan yang mencerminkan ciri khas produk unggul yang ada di suatu daerah. Dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan empat tahapan. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat adalah produk jamu Joketro dikenal oleh masyarakat sebagai produk unggulan, pangsa pasar target penjual jamu lebih luas dengan adanya kemasan baru yang lebih higienis, dan untuk meningkatkan pendapatan lokal di daerah tersebut. Mitra yang terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini diantaranya: Perangkat Desa Joketro, Ibu-Ibu PKK, dan Penjual Jamu Tradisioanal. Hasil dari pengabdian masyarakat adalah pembentukan kelompok jamu penting dalam membantu dalam memperkuat kelompok dan memperluas jaringan pemasaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Natadjaja, L., Tripoli, F., & Wahyono, B. (2013). Ethnicity as Identity in Packaging Design of Traditional Medicine (Jamu) For Women (Doctoral dissertation, Petra Christian University).

Neubauer, I. L. (2012). TIME. Retrieved from Jamu: Why Isn't Indonesia's Ancient System of Herbal Healing Better Known?, http://content.time.com/time/world/article/0,8599,2107489,00.html. Diakses tanggal 29 Februari 2020.

Nissen, N., & Evans, S. (2012). Exploring the practice and use of Western herbal medicine: perspectives from the social science literature. Journal of Herbal Medicine, 2(1), 6-15.

Prabawani, B. (2017). Jamu brand Indonesia: consumer preferences and segmentation. Archives of Business Research, 5(3).

Syafi'i, I. (2019). Pemasaran Jamu Menggunakan Kemasan Praktis Siap Minum dengan Branding Tren Masa Kini. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(1), 35-41.

Downloads

Published

2021-06-25

Issue

Section

Articles