MENINGKATKAN KOMPETENSI ALUMNI YANG MENJADI GURU AKUNTANSI SMK MELALUI EDUKASI PROBLEM DALAM MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF
Keywords:
Pembelajaran Abad 21; PBL; PjBLAbstract
Pembelajaran abad-21 menuntut guru untuk mampu menciptakan pembelajaran inovatif yang mampu membentuk keterampilan abad-21 peserta didik. Pembelajaran abad-21 mengharapkan guru pada proses pembelajaran menerapkan model-model pembelajaran inovatif, tidak lagi menggunakan model pembelajaran tradisional. Terdapat empat jenis model pembelajaran inovatif yang merefleksikan pembelajaran abad-21 yaitu inquiry learning, discovery learning, problem based learning (PBL) dan project based learning (PjBL). Hasil survey awal juga menunjukan bahwa beberapa guru sudah ada yang mencoba menerapkan model pembelajaran inovatif seperti PBL, tetapi masih terdapat kesalahan dalam menerapkan model PBL. Sintak PBL belum diterapkan dengan sebenarnya oleh guru akuntansi. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah memberikan edukasi dan pelatihan tentang bagaimana yang seharusnya menurut konsep dan pedagogy dalam menerapkan model pembelajaran inovatif, terutama pada sintaks orientasi peserta didik pada masalah (problem).
Downloads
References
Bray, D. A., Girvan, D. C., & Chorcora, E. N. (2023). Students’ perceptions of pedagogy for 21st century learning instrument (S-POP-21): Concept, validation, and initial results. Thinking Skills and Creativity, 49, 101319. https://doi.org/10.1016/J.TSC.2023.101319
Butler, S. M. (1998). The Process of Problem-Based Learning: A Literature Review. Journal of Health Occupations Education, 13(1), 9.
Dolmans, D. H. J. M., Gijselaers, W. H., & Schmidt, H. G. (1991). Course Improvement Based on Course Content Data: An Explorative Study Conducted in a Problem-Based Curriculum. https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=ED334220&site=ehost-live
Duch, B. J., Groh, S. E., & Allen, D. E. (2001). THE POWER OF PROBLEM-BASED LEARNING A Practical “How To” for Teaching Undergraduate Courses in Any Discipline. Stylus Publishing, LLC.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.