MENINGKATKAN KOMPETENSI ALUMNI YANG MENJADI GURU AKUNTANSI SMK MELALUI EDUKASI PROBLEM DALAM MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF

Authors

  • Sulastri sulastri Universitas Negeri Malang
  • Diana Tien Irafahmi Universitas Negeri Malang
  • Sulikah sulikah Universitas Negeri Malang
  • Reno Hibatul Wafi Universitas Negeri Malang

Keywords:

Pembelajaran Abad 21; PBL; PjBL

Abstract

Pembelajaran abad-21 menuntut guru untuk mampu menciptakan pembelajaran inovatif yang mampu membentuk keterampilan abad-21 peserta didik. Pembelajaran abad-21 mengharapkan guru pada proses pembelajaran menerapkan model-model pembelajaran inovatif, tidak lagi menggunakan model pembelajaran tradisional. Terdapat empat jenis model pembelajaran inovatif yang merefleksikan pembelajaran abad-21 yaitu inquiry learning, discovery learning, problem based learning (PBL) dan project based learning (PjBL). Hasil survey awal juga menunjukan bahwa beberapa guru sudah ada yang mencoba menerapkan model pembelajaran inovatif seperti PBL, tetapi masih terdapat kesalahan dalam menerapkan model PBL. Sintak PBL belum diterapkan dengan sebenarnya oleh guru akuntansi. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah memberikan edukasi dan pelatihan tentang bagaimana yang seharusnya menurut konsep dan pedagogy dalam menerapkan model pembelajaran inovatif, terutama pada sintaks orientasi peserta didik pada masalah (problem).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bray, D. A., Girvan, D. C., & Chorcora, E. N. (2023). Students’ perceptions of pedagogy for 21st century learning instrument (S-POP-21): Concept, validation, and initial results. Thinking Skills and Creativity, 49, 101319. https://doi.org/10.1016/J.TSC.2023.101319

Butler, S. M. (1998). The Process of Problem-Based Learning: A Literature Review. Journal of Health Occupations Education, 13(1), 9.

Dolmans, D. H. J. M., Gijselaers, W. H., & Schmidt, H. G. (1991). Course Improvement Based on Course Content Data: An Explorative Study Conducted in a Problem-Based Curriculum. https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=ED334220&site=ehost-live

Duch, B. J., Groh, S. E., & Allen, D. E. (2001). THE POWER OF PROBLEM-BASED LEARNING A Practical “How To” for Teaching Undergraduate Courses in Any Discipline. Stylus Publishing, LLC.

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles