PENINGKATAN KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS 7 MTSN KOTA MADIUN
Keywords:
Pjbl; Pelatihan Canva; Literasi DigitalAbstract
Pesatnya perkembangan teknologi informasi di era globalisasi saat ini memberikan dampak yang sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Perkembangan saat ini menuntut dunia pendidikan untuk senantiasa beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada untuk meningkatkan mutu dalam pendidikan. Salah satu dari sekian banyak aplikasi teknologi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dan mengajar adalah canva, sebuah desain online yang menawarkan berbagai jenis media pembelajaran seperti presentasi, logo, brosur, id card, banner, sertifikat dan lain-lain. Tujuan diadakannya pelatihan Canva berbasis Project Based Learning ini yaitu agar generasi muda mampu menghasilkan karya desain kreatif yang dibuat berdasarkan permasalahan disekitar sekolah berdasarkan materi pelajaran. Dalam pelatihan ini metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode persuasif dilakukan secara bertahap, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan berjalan dengan lancar serta setiap kelompok dapat mengikuti kegiatan sampai akhir. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu dan menjadikan siswa kreatif dalam mendesain dengan aplikasi Canva.
Downloads
References
Basri, S., Fitrawahyudi, F., Khaerani, K., Nasrullah, I., Ernawati, E., Aryanti, A., Maya, S., Aisyah, S., & Sakti, I. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Di Lingkungan Pendidikan Berbasis Aplikasi Canva. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 1(2), 96–103. Https://Doi.Org/10.37985/Pmsdu.V1i2.65
Hasanah, U., Millah, A. R., Nurhidayat, R., & History, A. (N.D.). Society: Community Engagement And Sustainable Development Vol 1 No 1 Doi (Issn : Xxxx-Xxxx And E-Issn Xxxx-Xxxx ) Pelatihan Canva Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas X Kuliner Smk Negeri 1 Cijulang.
Ichsan Mahardika, A., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring (Vol. 4, Issue 3).
Juwairia, J., Koryati, D., Amrina, D. E., & Sintara, U. (2022). Meningkatkan Kreativitas Desain Flyer Digital Menggunakan Aplikasi Canva Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl). Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 9(1), 15–26. Https://Doi.Org/10.36706/Jp.V9i1.16084
Labib Jundillah, M., Pamilih Widagdo, P., Kusuma Wardani, T., Rogate Ford Hutagalung, D., Jessica Utama, C., Soleman, C., Dwi Anggraini, N., & Inka Putri, F. (2024). Pelatihan Pembuatan Poster Menggunakan Platform Canva. Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Teknologi Informasi Dan Sistem Informasi, 22(1), 3026–1147. Https://Doi.Org/10.30872/Petisi.V2i1.1461
Nurmalina, N., Rahila, C. D. I., Surbakti, A. H., Wahyuningsih, S. K., & Batubara, M. H. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa. Jpma - Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 2(2), 48–53. Https://Doi.Org/10.37249/Jpma.V2i2.532
Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1717
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.