PENINGKATAN KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS 7 MTSN KOTA MADIUN

Authors

  • Ramadhan Prasetya Wibawa Universitas PGRI Madiun https://orcid.org/0000-0003-0927-5310
  • Ersin Indraningrum MTSN Kota Madiun
  • Umi Ma’rifah Universitas PGRI Madiun
  • Syukur Nur Widhiyah Universitas PGRI Madiun
  • Aliffya Nori Nur Qolbu Janah Universitas PGRI Madiun

Keywords:

Pjbl; Pelatihan Canva; Literasi Digital

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi di era globalisasi saat ini memberikan dampak yang sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Perkembangan saat ini menuntut dunia pendidikan untuk senantiasa beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada untuk meningkatkan mutu dalam pendidikan. Salah satu dari sekian banyak aplikasi teknologi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dan mengajar adalah canva, sebuah desain online yang menawarkan berbagai jenis media pembelajaran seperti presentasi, logo, brosur, id card, banner, sertifikat dan lain-lain. Tujuan diadakannya pelatihan Canva berbasis Project Based Learning ini yaitu agar generasi muda mampu  menghasilkan karya desain kreatif yang dibuat berdasarkan permasalahan disekitar sekolah berdasarkan materi pelajaran. Dalam pelatihan ini metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode persuasif dilakukan secara bertahap, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan berjalan dengan lancar serta setiap kelompok dapat mengikuti  kegiatan sampai akhir. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu dan menjadikan siswa kreatif dalam mendesain dengan aplikasi Canva.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basri, S., Fitrawahyudi, F., Khaerani, K., Nasrullah, I., Ernawati, E., Aryanti, A., Maya, S., Aisyah, S., & Sakti, I. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Di Lingkungan Pendidikan Berbasis Aplikasi Canva. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 1(2), 96–103. Https://Doi.Org/10.37985/Pmsdu.V1i2.65

Hasanah, U., Millah, A. R., Nurhidayat, R., & History, A. (N.D.). Society: Community Engagement And Sustainable Development Vol 1 No 1 Doi (Issn : Xxxx-Xxxx And E-Issn Xxxx-Xxxx ) Pelatihan Canva Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas X Kuliner Smk Negeri 1 Cijulang.

Ichsan Mahardika, A., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring (Vol. 4, Issue 3).

Juwairia, J., Koryati, D., Amrina, D. E., & Sintara, U. (2022). Meningkatkan Kreativitas Desain Flyer Digital Menggunakan Aplikasi Canva Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl). Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 9(1), 15–26. Https://Doi.Org/10.36706/Jp.V9i1.16084

Labib Jundillah, M., Pamilih Widagdo, P., Kusuma Wardani, T., Rogate Ford Hutagalung, D., Jessica Utama, C., Soleman, C., Dwi Anggraini, N., & Inka Putri, F. (2024). Pelatihan Pembuatan Poster Menggunakan Platform Canva. Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Teknologi Informasi Dan Sistem Informasi, 22(1), 3026–1147. Https://Doi.Org/10.30872/Petisi.V2i1.1461

Nurmalina, N., Rahila, C. D. I., Surbakti, A. H., Wahyuningsih, S. K., & Batubara, M. H. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa. Jpma - Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 2(2), 48–53. Https://Doi.Org/10.37249/Jpma.V2i2.532

Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1717

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles