PENDAMPINGAN PEMBUATAN MODUL PEMBELAJARAN DIGITAL BAGI GURU SD NEGERI

Authors

  • Septi Dariyatul Aini Universitas Madura
  • Agus Subaidi Universitas Madura
  • Chairul Fajar Tafrilyanto Universitas Madura
  • Ema Surahmi Universitas Madura
  • Khairun Nisa Universitas Madura
  • Badrus Saleh Universitas Madura

Keywords:

Pendampingan, Modul, Digital, Guru

Abstract

Era digital menghadirkan peluang dan tantangan baru dalam dunia pendidikan, termasuk kebutuhan akan media pembelajaran yang inovatif, salah satunya yaitu modul pembelajaran digital. Permasalahan saat ini yang dihadapi mitra kami yaitu SDN Bugih 1 Pamekasan adalah kurangnya kemampuan guru dalam merancang modul pembelajaran digital secara mandiri sehingga dapat menyesuaikan dengan karakter dan kondisi siswa yang dibina. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam merancang pembuatan modul pembelajaran digital di SDN Bugih 1 Pamekasan. Melalui metode pendampingan ini, guru diberikan pengetahuan dan keterampilan untuk membuat modul pembelajaran digital yang menarik, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Pelatihan meliputi penggunaan aplikasi Canva untuk desain modul, Heyzine Flipbook untuk membuat modul berbentuk flipbook, dan Wordwall untuk menciptakan kuis interaktif sebagai konten modul. Hasil pendampingan menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan guru, dimana semua peserta mampu membuat modul digital lengkap dengan animasi, video, dan kuis. Implementasi modul di kelas menunjukkan respons positif dari siswa, yang lebih antusias dalam belajar. Kegiatan ini memberikan kontribusi nyata dalam mendorong kreativitas guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, S. D., Tafrilyanto, C. F., Dewi, N. P., Saleh, B., & Nisa, K. (2024). Pendampingan Pembuatan E- Modul Berbasis Visual Sebagai Penunjang Kompetensi Inovatif Guru Sekolah Luar Biasa. 5(2), 142–151. https://doi.org/10.47065/jpm.v5i2.2185

Aini, S. D., Indriati Hasanah, S., Nuritasari, F., Munawwaroh, M., & Wahyuni, S. (2023). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Klopedimatika Berbasis Kearifan Lokal Madura. Jurnal Kabar Masyarakat, 1(4), 226–238. https://doi.org/10.54066/jkb.v1i4.1090

Hanatan, R. B., Yuniastuti, E., & Adi Prayitno, B. (2023). Developing Discovery Learning-based Interactive Digital Modules to Increase Students’ Learning Interest. Jurnal TELNODIK, 27(1), 81–98.

Istiqoma, M., Nani Prihatmi, T., & Anjarwati, R. (2023). Modul Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Mandiri. Prosiding SENIATI, 7(2), 296–300. https://doi.org/10.36040/seniati.v7i2.8016

Lasmiyati, L., & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161–174. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9077

Lastri, Y. (2023). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar E-Modul Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1139–1146. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1914

Putrianata, D., & Chairunisa, E. D. (2020). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Sejarah Perjuangan Tokoh-Tokoh Militer Pejuang Kemerdekaan Di Sumatera Selatan. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 5(2), 152–157. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v5i2.3553

Suarsana, I. M. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2), 193–200. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2171

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles