PENINGKATAN NILAI ENTREPRENEURSHIP DAN MINAT BERWIRAUSAHA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN FIELD TRIP UMKM

Authors

  • Bestari Dwi Handayani Universitas Negeri Semarang
  • Amin Pujiati Universitas Negeri Semarang
  • Ismiyati Ismiyati Universitas Negeri Semarang
  • Tri Suminar Universitas Negeri Semarang
  • Dhela Septia Anggaretta Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Field Trip UMKM, Entrepreneurship Value, Anak Usia Dini

Abstract

Tujuan PkM untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman anak didik tentang entrepreneurship value serta menumbuhkan minat anak didik untuk menjadi wirausahawan dengan memberikan pengalaman berkunjung langsung ke UMKM melalui kegiatan field trip. Metode pelaksanaan kegiatan adalah ceramah, diskusi, demonstrasi, dan field trip ke Usaha Pemerahan Sapi di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah. Melalui kegiatan field trip UMKM, seluruh peserta telah mendapatkan pengetahuan dan pengalaman tentang bagaimana merawat dan memelihara sapi. Selanjutnya siswa diajak untuk melihat proses pemerahan susu sapi dan dilanjutkan dengan melihat cara membuat susu sapi. Dari kegiatan field trip dijelaskan bahwa banyak hal yang bisa dimanfaatkan secara ekonomis, dari dagingnya, kulitnya dan juga susu sapi. Semua penjelasan dari kegiatan field trip UMKM, siswa dapat memahami berbagai manfaat ekonomi dari memelihara hewan sapi, ada banyak produk yang dihasilkan dan dapat memiliki nilai ekonomi untuk diperjual belikan. Kegiatan PkM berjalan dengan baik dan sangat bermanfaat dalam meningkatkan dan menanamkan nilai-nilai karakter kewirausahaan sejak anak usia dini. Untuk itu, peserta sangat berharap bahwa kegiatan ini dapat berkelanjutan, tidak hanya selesai sampai pada kegiatan field trip UMKM saja, namun pada kegiatan-kegiatan lainnya yang membantu pembelajaran sekolah menjadi lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliami, S., Hakimah, E. N., & Fauji, D. A. S. (2018). Dampak Pengembangan Pemasaran Digital pada Startup’s (Studi Kasus pada Wirausaha Baru). EkoNika, 3(1), 73–87.

Apostolopoulos, N., Al-Dajani, H., Holt, D., Jones, P., & Newbery, R. (2018). Entrepreneurship and The Sustainable Development Goals. In Contemporary Issues in Entrepreneurship Research (Vol. 8, pp. 1–7). Emerald Group Publishing Ltd. https://doi.org/10.1108/s2040-724620180000008005

Hasan, H. A. (2020). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep, Karakteristik, dan Implikasi dalam Memandirikan Generasi Muda. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 99–112.

Martin, B. C., McNally, J. J., & Kay, M. J. (2013). Examining the formation of human capital in entrepreneurship: A meta-analysis of entrepreneurship education outcomes. Journal of Business Venturing, 28(2), 211–224. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jbusvent.2012.03.002

Resnawaty, R., Nurwati, N., & Nulhaqim, S. A. (2020). Sosialisasi Prinsip Kewirausahaan Sejak Usia Remaja di Desa Cintamulya Kabupaten Sumedang. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 3(2), 141–147.

Sulistyowati, P., & Salwa. (2016). Upaya Mengembangkan Karakter Jiwa Kewirausahaan pada Siswa Sejak Dini melalui Program Market Day (Kajian pada SDIT Mutiara Hati Malang). Pancaran Pendidikan, 5(3), 111–120.

Takdir, D., Mahmudin, A., & Zaid, S. (2015). Kewirausahaan. Wijana Mahadi Karya.

Walter, S. G., & Block, J. H. (2016). Outcomes of entrepreneurship education: An institutional perspective. Journal of Business Venturing, 31(2), 216–233. https://doi.org/10.1016/j.jbusvent.2015.10.003

Widiatami, A. K., Fatimatuzzahro, A. K., Astuti, D. P., & Mudrikah, S. (2023). Apakah Literasi Keuangan Mampu Memperlemah Perilaku Konsumtif Mahasiswa? Value: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 18(3), 738–756. https://doi.org/10.32534/jv.v18i3.4705

Downloads

Published

2024-12-30

Issue

Section

Articles