PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA KOMUNITAS KELUARGA BESAR BURUH MIGRAN INDONESIA (KABAR BUMI) PONOROGO
DOI:
https://doi.org/10.25273/dedukasi.v4i1.20360Keywords:
Manajemen Usaha, Komunitas, Pemasaran DigitalAbstract
Para mantan pekerja migran memutuskan untuk tidak kembali lagi bekerja di luar negeri dan memilih untuk mendirikan atau mengembangkan usaha di kampung halaman. Namun, keinginan ini tidak diiringi pemahaman tentang digital marketing yang sangat penting pada saat ini. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah mengedukasi anggota komunitas Kabar Bumi tentang konsep dasar digital marketing; dan menambah pengetahuan tentang pemanfaatan platform aplikasi digital marketing yang mudah digunakan dan bermanfaat dalam mengembangkan usaha. Mitra kegiata pengabdian adalah komunitas keluarga buruh migran Indonesia (Kabar Bumi) Cabang Ponorogo dengan jumlah 33 peserta. Metode menggunakan 5T yaitu to know, to understand, to plann, to action, dan to reflection. Pengambilan data dilakukan dengan observasi di lapangan, pemberian feedback dan penugasan mandiri. Hasil pengabdian masyarakat yaitu komunitas Kabar Bumi merupakan komunitas yang solid dan aktif dalam kegiatan sosial, namun belum ada integrasi antaranggota terkait bisnis. Selain itu pengetahuan dasar tentang digital marketing masih rendah. Ada motivasi kuat dari anggota untuk belajar dan melakukan kewirausahaan sosial. Kegiatan ini mencapai target yaitu peserta berhasil memanfaatkan google my business sebagai pemasaran digital pertama bagi usaha masing-masing anggota dengan baik.
Downloads
References
Agus, R., Oktaviyanthi, R., & Sholahudin, U. (2019). 3R: Suatu Alternatif Pengolahan Sampah Rumah Tangga. KAIBON ABHINAYA: Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.30656/ka.v1i2.1538
Buchdadi, D. A., Kurnianti, D., Susita, D., Ramli, & Sholeha, A. (2022). Peningkatan Literasi Keuangan untuk Pekerja Migran di Taiwan Financial Literacy Improvment for Migrant Worker in Taiwan. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(02), 132–137.http://dx.doi.org/10.46772/jamu.v2i02.672.
Erlyana, Y., & Hansen, H. (2021). Pelatihan Fotografi dan Videografi Secara Virtual dalam Peningkatan Kemampuan Diri pada Pandemic Covid-19. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 5(1). https://doi.org/10.30813/jpk.v5i1.2725
Hunter, A. (2015). Empowering or Ompeding return migration? ICT, Mobile Phones, and Older Migrants’ Communications with Home. Global Networks 15, 4(2015), 485–502.
Linter, C. (2014). Migrant Entrepreneurship: New Potential Discovered. Social and Behavioral Sciences,19(1), 1601-1606.
OJK. (2021, January). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia 2021-2025. Ojk.Go.Id.
OJK. (2022). Hasil Survey Nasional Literasi dan Inklusiv Keuangan Indonesia 2022. Otoritas Jasa Keuangan.
https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/infoterkini/Documents/Pages/Infografis-Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022/Infografis Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022.pdf.
Oiarzabal, P. J. & Reips, U. D. (2012). Migration and diaspora in the age of information and communication technologies. Journal of Ethnic and Migration Studies, 38(9), 1333-1338.
Platt, M., et al. (2014). Migration and Information Communications Technology Use: A Case Study of Indonesian Domestic Workers in Singapore. Working Paper. University of Sussex, Brighton, UK.
Rahman, M. M., & Fee, L. K. (2011). The Development of Migrant Entrepreneurship in Japan: Case of Bangladeshis. International Migration & Integration,12(1), 253–274.
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020
Ros, A., González, E. Sow, P., & Marin, A. (2007). Migration and Information Flows: A New Lens for The Study of Contemporary International Migration. Working Paper. Universitat Oberta de Catalunya, Barcelona, Spanyol.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2017 Tentang Perlidungan Pekerja Migran Indonesia.
Wahba, J., & Zenou, Y. (2012). Out of Sight, Out of Mind: Migration, Enterpreneurship and Social Capital. Regional Science and Urban Economics. 42(5), 890-903.
Yang, D. (2008). International Migration, Remittances and Houusehold Investment: Evidence from Philippine Migrant’s Exchange Rate Shocks. The Economic Journal, 11(8), 591–630.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.