SOSIALISASI PERAN ORANG TUA DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN PADA KELOMPOK BELAJAR HARAPAN BUNDA KABUPATEN MADIUN
DOI:
https://doi.org/10.25273/dedukasi.v4i1.20285Keywords:
Peran Orang Tua, Teknologi Pembelajaran, HandphoneAbstract
Pembelajaran daring saat pandemi Covid-19 menuntut orang tua untuk dapat memanfaatkan teknologi khususnya handphone demi kelancaran proses pembelajaran. Orang tua peserta didik dari Kelompok Belajar (KB) Harapan Bunda di Desa Sambirejo Kabupaten Madiun mengalami kesulitan saat mendampingi anak dalam kegiatan pembelajaran daring pada masa pendemi Covid-19. Tim pengabdian masyarakat Universitas PGRI Madiun mengadakan sosialisasi kepada orang tua peserta didik di KB Harapan Bunda tentang pemanfaatan teknologi handphone untuk memperlancar pembelajaran daring selama Covid-19. Tahapan pelaksanaan pengabdian masyarakat yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan pengabdian masyarakat oleh tim pengabdian Universitas PGRI Madiun menunjukkan hasil sesuai harapan. Orang tua peserta didik berpartisipasi aktif selama kegiatan dan merasakan kebermanfaatan dari kegiatan. Pengetahuan orang tua meningkat tentang cara pemanfaatan teknologi khususnya handphone untuk pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Harapan selanjutnya akan ada kegiatan yang serupa untuk meningkatkan pembelajaran tidak hanya pada tingkat KB atau TK tetapi juga pada tingkat SD dan selanjutnya.
Downloads
References
Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2021). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241–256. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Lestari, A. D., Yasmin, A., Shahwalan, A. P., Primansyah, A. M., Yulianto, D. I., Syafiq, F. I., Triani, G., Shahne, I. P., Syaugi, M., Maulana, R., & Oktavia, P. (2021). Sosialisasi Pengawasan Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Dibawah Umur. Jurnal Kreativitas Mahasiswa Informatika, 2(1), 87–89.
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Majid, N. W. A., Abukhair, A., Alfathin, A., Ummah, A. H., & Wardani, R. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Efektif di Rumah Saat Pandemi Covid-19 Kepada Warga Persyarikatan Muhammadiyah Kabupaten Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 1(1), 1–7. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJOCSEE/article/view/33141
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Maslahah, W., & Rofiah, L. (2022). Sosialisasi Pentingnya Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar Online dari Rumah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 1941–1948.
Mawar, Salamah, D. N., & Fauziah, A. L. (2020). Sosialisasi Peranan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Bagi Anak Usia Dini Di Masa Pandemi COVID-19. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 102, 1–10. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat%0AE-ISSN:
Ramadhani, S. P., & Ritonga, R. (2019). Sosialisasi Peran Orangtua Terhadap Perkembangan Anak Di Era Digital Madrasah Ibtidayah Gunung Bunder II, Pamijahan Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP), 2(02), 94–100. https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v2i02.444
Sitinjak, E. K., & Saragih, N. (2021). Sosialisasi Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Selama Pembelajaran Daring di Nagori Siantar Estate. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(1), 153–158. https://doi.org/10.54082/jamsi.45
Yunita, S., Erviana, M., Setianingsih, D., Winahyu, R. P., Suryaningsih, M. D., & Pramono, D. (2021). Implementasi Penggunaan Teknologi oleh Orang Tua sesuai Pendidikan Karakter Moral untuk Anak Usia Dini. Journal of Education and Technology, 1(2), 104–112.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.