PELATIHAN BRANDING BAGI USAHA MIKRO DAN KECIL

Authors

  • Dhini Suryandari Universitas Negeri Semarang
  • Retnoningrum Hidayah Universitas Negeri Semarang
  • S Sukirman Universitas Negeri Semarang
  • Trisni Suryarini Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.25273/dedukasi.v2i2.15035

Keywords:

pelatihan, mikro kecil, branding, ekonomi

Abstract

Branding menjadi hal yang sangat penting di era saat ini. Segala kegiatan penjualan dan pembelian dapat berjalan lancar apabila brand sudah dikenal masyarakat. Namun, bagi sector UMKM terlebih khusus pada sector mikro, kesadaran akan branding  masih sangat minim.  Oleh karena itu Tim Pengabdian FE memiliki tujuan untuk memberikan kesadaran akan pentingnya branding bagi usaha mikro kecil di era masa kini.  Adapun sasaran pada pengabdian masyarakat ini adalah para perempuan di wilayah Kelurahan Sukorejo khususnya wilayah Dawis Bougenvil. Program pengabdian ini akan dilaksanakan selama kurun waktu 6 bulan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah sosialisasi dan pelatihan pembuatan branding untuk meningkatkan omset penjualan. Hasil kegiatan pengabdian ini yaitu para pelaku usaha mikro kecil telah sadar akan pentingnya branding. Kedua, telah berhasilnya para pelaku usaha kecil mikro membuat branding untuk produk barang atau jasa mereka secara menarik. Hal ini telah mampu meningkatkan omset penjualan dikarenakan produk mereka semakin dikenal oleh masyarakat. Oleh karena untuk program kedepannya diharapkan adanya kolaborasi dengan pihak pemerintah untuk mampu meningkatkan kemampuan para pelaku usaha mikro kecil didalam penguatan branding.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfian. (2012). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kidjang Inova Pada PT. Hadji Kalla Cabang Polman Makasar. Skripsi. Makasar: Universitas HasanuddinMakasar.

Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pendampingan Branding Dan Packaging UMKM Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 1(1), 32–36. https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.11188

Rezky, S.F., Hamdani, R., Suherdi, D., Erwansyah, K., Ginting, E.F., Simangunsong, P., B., N., S,. (2021). Branding UMKM untuk Meningkatkan Potensi Promosi dan Penjualan Secara Mandiri. Jurnal Abdimas Tgd ,1(1), 39-44, https://doi.org/10.53513/abdi.v1i1.3381

Hastuti, H., Tamsir, I., Vindi, W. O., & Leni, L. (2022). Peningkatan Peran Perempuan Dalam Upaya Mendorong Kemandirian Ekonomi Keluarga Melalui Pelatihan Kewirausahaan. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 2(1), 10-16. https://doi.org/10.51214/japamul.v2i1.205

Putra, Ricky Oktavian Perdana. (2022). Pentingnya Branding Dan Inovasi Produk Untuk Pengembangan Bisnis Olahan Tempe Pada Desa Petung Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied, 1 (1), 1-10, https://Doi.Org/10.19184/Jpma.V1i1.31412

Downloads

Published

2022-12-29

Issue

Section

Articles