PENDAMPINGAN KOPERASI SEKOLAH SMAN 3 PONOROGO MELALUI RAPID RURAL APPRAISAL BERTAJUK AKU ANAK KOPERASI MILENIAL
Abstract
Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk membangkitkan kesadaran siswa dalam mendukung kemajuan koperasi siswa sebagai anggota serta memberi dasar yang kuat kepada pengurus koperasi tentang dasar-dasar koperasi. Metode pelaksanaan menggunakan rapid rural appraisal (RRA) untuk mengidentifikasi masalah dan pencarian solusi dengan melibatkan partisipasi aktif siswa sebagai anggota dan pengurus. Untuk itu, transfer pengetahuan melalui seminar koperasi sekolah diakhiri dengan menjawab kuesioner untuk para siswa. Pelaksanaan pengabdian meliputi survey pendahuluan, pelaksanaan seminar koperasi sekolah, partisipasi siswa untuk mengidentifikasi masalah dan solusi, hingga evaluasi kegiatan pengabdian beserta keberlanjutannya. Diharapkan selain kesadaran bersama para siswa untuk turut mengembangkan koperasi sekolah, ada kegiatan berkelanjutan berupa penelitian dan masukan baru pembelajaran ekonomi koperasi di sekolah dan akuntansi keperilakuan dalam bidang koperasi, UMKM, dan kewirausahaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arijanto. 2017. Nandur Ngunduh Dari Pemikiran ke Aksi Perubahan: Tawaran untuk Organisasi Swadaya Masyarakat & Sektor Publik. Jakarta: Yayasan Rumah Peneleh.
Badan Pusat Statistik. 2018. Profil Generasi Milenial Indonesia. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Jannah, R. 2019. Reformasi total koperasi bagi generasi millenial. Oetoesan-Hindia: Telaah Pemikiran Kebangsaan, 1(1), 21–32.
Rachmawati, D. W., Widalesmana, M., Toyib, M., Permatasari, N., & Januardi, J. 2019. Pelatihan dan Workshop Pengelolaan Koperasi di Sekolah. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 162–166. https://doi.org/https://doi.org/10.31960/caradde.v1i2.105
Setyawati, I., Suroso, S., Rambe, D., Damayanty, P., & Lestari, T. S. 2018. Upaya Peningkatan Pengelolaan Koperasi Simpan Pinjam Pada Sekolah Menengah Umum di Kecamatan Jagakarsa. Jurnal Abdimas UBJ, 1(1), 1–22.
Article Metrics
Abstract has been read : 382 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/dedukasi.v2i2.14525
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
D'edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is indexed by