PENDAMPINGAN PENULISAN PROPOSAL PADA KELOMPOK BATIK LESTARI DI DESA SIDOMULYO KABUPATEN MADIUN

Maretha Berlianantiya, Dwi Nila Andriani, Ana Dhaoud Daroin, Yahya Reka Wirawan, Ayu Lestari

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan di Desa Sidomulyo, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun berupa pendampingan penulisan proposal hibah dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada masa pandemi Covid 19. Latar belakang melakukan kegiatan ini dikarenakan para pengrajin batik kurang memiliki pengetahuan tentang pembuatan proposal hibah dan usaha dari Kelompok  Batik Lestari ini ini masih skala mikro sehingga masih membutuhkan tambahan dana. Tujuan dari kegiatan ini adalah menambah pengetahuan ibu- ibu pengrajin tentang cara mempersiapkan dan menulis proposal bantuan sehingga bisa lolos didanai. Metode pelaksanaan pengabdian ini adalah pelatihan proposal dengan materi penyiapan syarat-syarat kelengkapan administrasi dan sistematika penulisan proposal agar lolos didanai. Hasil kegiatan berupa bukti kelengkapan administrasi di Kelompok Batik Lestari dan hasil berupa proposal Kemenparekraf yang sudah siap dikirim. Berdasarkan evaluasi bahwa usaha Kelompok Batik Lestari belum memiliki kelengkapan syarat administrasi.

Keywords


pendampingan; kelompok batik; Kemenparekraf

Full Text:

PDF

References


Amirin. (2011). UNESCO (United Nations Educational, Scientificand Cultural Organization).

Andriani, Berlianantiya, & Huda (2021). Buku Monograf Tantangan dan Strategi Perempuan Batik Lestari di Masa Pandemi. Batu: Literasi Nusantara.

Asihanto, B. P. (2013). Berjualan Terhadap Tingkat Pendapatan Sektor Informal (Studi Kasus di PPS Merjosari Kecamatan Lowokwaru Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(1), 1–15.

Susena, E., Ratnawati, A. Y., & Susanto, E. (2019). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pendataan Industri Kecil Dan Menengah (Sim-Ikm). Jurnal AKSI (Akuntansi Dan Sistem Informasi), 4(1), 11–18. https://doi.org/10.32486/aksi.v4i1.313

Undang-Undang Republik Indoneisa Nomor 9 Tahun 1995 Tentang Usaha Kecil, Pub. L. No. 9 (1995).

Undang - Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2008 Tentang Usaha Mikro , Kecil dan Menengah.


Article Metrics

Abstract has been read : 353 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/dedukasi.v1i2.11332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

D'edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is indexed by