Penguatan kompetensi kewarganegaraan ekologis melalui pembelajaran berbasis web d’nature pada mata kuliah pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup

Authors

  • Rini Setiyowati Universitas Sriwijaya
  • Alfiandra Alfiandra Universitas Sriwijaya
  • Mariyani Mariyani Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.25273/citizenship.v9i1.9066

Abstract

Penguatan kompetensi kewarganegaraan ekologis membawa dampak yang sangat besar pada pelestarian lingkungan hal ini berkaitan erat dengan etika dan moral seorang warga negara terhadap lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak potensial dari pengembangan media pembelajaran berbasis web D’Nature pada mata kuliah Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup terhadap penguatan kompetensi kewarganegaraan ekologis mahasiswa S1 PPKn di Universitas Sriwijaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kuantitatif dengan menggunakan observasi, tes serta angket Subjek penelitian merupakan mahasiswa S1-PPKn Universitas Sriwijaya Angkatan 2019 Berdasarkan data penelitian diperoleh hasil bahwa penggunaan media ajar berbasis web d’nature pada pembelajaran mata kuliah Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup meningkatkan hasil belajar serta pengetahuan mahasiswa terhadap kewarganegaraan ekologis, kemampuan mahasiswa dalam memahami kewarganegaraan ekologis diharapkan mampu menjadi salah satu ujung tombak harmonisasi kehidupan manusia dengan lingkungan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulhak, I. (1996). Strategi Membangun Motivasi dalam Pembelajaran Orang Dewasa. Bandung: Agta Manunggal Utama

Anonim. 2007. Pendidikan Lingkungan Hidup Kembali Diintegrasikan ke Sekolah http://www.kompas.com.

Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Brian Kelly & E Swift. Developing a Holistic Approach for E-Learning Accessibility. In: Canadian Journal of Learning and Technology, 2004, Vol. 30, no. 3. DOI: https://doi.org/10.21432/T2D60S

Dian Erika 2020. Data Kependudukan 2020:Penduduk Indonesia 268.583.016 Jiwa. https://nasional.kompas.com/read/2020/08/1 2/15261351/data-kependudukan-2020- penduduk-indonesia-268583016- jiwa?page=all.

Novianti, V., Utomo, D. P., & Dintarini, M. Development of Web-Based Interactive Learning Media on Lines and Angles Material in 7th grade of Junior High School. MEJ (Mathematics Education Journal), 3(1), 62-71 2019. DOI: https://doi.org/10.22219/mej.v3i1.842

Nugroho, I. D. 2007. Pendidikan Dasar Lingkungan.

Nurbaiti, N., Panjaitan, R. G. P., & Titin, T. (2017). The properness of adobe flash basis interactive media for respiratory system learning material. Unnes Science Education Journal, 6(3).

Puspa Dianti, Dkk., Analisis Dampak Potensial Penggunaan Buku Ajar Pendidikan Demokrasi Berbasis Nilai Dalam Mengembangkan Sikap Demokratis Mahasiswa. Jurnal Civic Hukum, 5(1), 2020, 75-85.

Rusman, 2009. “Manajemen Kurikulum “ Jakarta : PT Raya Grafindo Persada.

Sanchez-Cabrero, R., Costa-Roman, O., Pericacho- Gomez, F. J., Novillo-Lopez, M. A., Arigita- García, A., & Barrientos-Fernandez, A. Early virtual reality adopters in Spain: sociodemographic profile and interest in the use of virtual reality as a learning tool. Heliyon, 5(3), e01338. 2019

Sudijono. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1996.

Sudjana, N, Rivai, A. (2015). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Suhardjono., Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Dibidang Pendidikan Pengembangan Profesi. Kumpulan Naskah AA: Mengajar Di Perguruan Tinggi. Jakarta: PAU P3AI Dirjen Dikti, 2001.

Surjono, Herman Dwi. 2010. Membangun Course E-learning Berbasis Moodle.

Sutarman. 2007, Membangun Aplikasi Web dengan PHP & MySQL (Edisi II).

Yogyakarta : Graha Ilmu.

Downloads

Published

2021-08-12

Issue

Section

Articles