PENGUATAN PANCASILA SEBAGAI THE LIVING IDEOLOGY MELALUI REVITALISASI PEMBELAJARAN PANCASILA DI ERA DISRUPSI
DOI:
https://doi.org/10.25273/citizenship.v8i2.7855Abstract
dampak positif maupun negatif. Dampak positif ditandai dengan pesatnya inovasi ilmu
pengetahuan, teknologi informasi dan komunikasi yang memberikan kemudahan kehidupan
masyarakat. Namun dampak negatifnya dapat mempengaruhi pola pikir, sikap dan perilaku
masyarakat. Akhirnya dapat merusak sendi-sendi kehidupan masyarakat, karena tidak sejalan
dengan etika dan norma yang berlaku di masyarakat. Generasi sekarang ini yang akrab
dengan teknologi digital tidak mampu membedakan antara informasi yang benar dan
informasi yang tidak benar atau palsu. Di sisi lain generasi ini masih sangat memerlukan
bimbingan untuk meyakini nilai-nilai dalam perkembangan pribadinya. Tujuan dari penulisan
karya ilmiah ini untuk memberikan pengetahuan dan wawasan bagaimanakah cara
menanamkan dan menguatkan Pancasila sebagai Ideologi Bangsa. Metode yang digunakan
adalah Library Research, diharapkan penulisan ini mampu membentuk generasi yang
berpribadi ke-Indonesiaan. Ditemukan salah satu cara untuk membentengi keyakinan dan
menanamkan pribadi yang bermoral dan berwawasan luas dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara dengan memahamkan dan menguatkan nilai-nilai Pancasila sebagai Ideologi bangsa
melalui revitalisasi pembelajaran Pancasila yang sesuai dengan zaman generasi sekarang ini.
Downloads
References
Ghifari, I. F. (2017). Radikalisme di Internet
Dalam Religious. Jurnal Agama dan
Lintas Budaya I, II , 123-124.
Gustilianto. (2017). Revitalisasi Nilai-nilai
Pancasila Melalui Pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan dalam Upaya
Membangun Warga Negara yang
Baik. Prosiding Konferensi Nasional
Kewarganegaraan II (p. 387).
Yogyakarta: Universitas Ahmad
Dahlan.
Handoyo, E. (2018). Penguatan Integrasi
Nasional di era Disrupsi dalam
Perspektif Pancasila. Semarang: FIS
UNNES Semarang.
Kaelan, M. (2014). Pendidikan Pancasila.
Yogyakarta: Paradigma.
Krippendorff, K. (2004). Content Analysis :
an Introduction to its Methodology
(Second Edition). SAGE Publication.
Kristanto, A. M. (2017, Juni 27). The
Development of Instructional
Materials E-Learning Based on
Blended Learning. Retrieved from
International Education Studies 10:
http://www.ccsenet.org/journal/index
.php/ies/article/view/66040
Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi
0. Jurnal Sunderman.
Mulyono. (2016). Pancasila Sebagai
Orthodoksi dan Ortopaksis dalam
Kehidupan Berbangsa dan
Bernegara. Jurnal Humanika , Vol
No 2. Hal. 44.Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 8 No 2 Oktober 2020, hal 109-...
Avaliable online at : http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/Citizenship
Print ISSN: 2302-433X Online ISSN : 2579-5740
| Nuswantari & Rachman, Penguatan pancasila sebagai the living ideology melalui revitalisasi
pembelajaran pancasila…
Nazir, M. (1988). Metode Penelitian.
Jakarta : Ghalia Indonesia.
Nurwardani, P. S. (2016). Pendidikan
Pancasila untuk Perguruan Tinggi.
jakarta: Ristekdikti Dirjend
Pembelajaran dan Kemahasiswaan.
Nuswantari. (2019). Pendidikan Pancasila
Membangun Karakter Bangsa.
Yogyakarta: deepublish.
Qodir, Z. (2018). Hibriditas Kultural dan
Radikalisme.
Sastrapratedja, M. (2001). Pancasila
Sebagai Visi dan Referensi Kritik
Sosial . Yogyakarta: Universitas
Sanata Dharma.
Sulianti, A. (2018 ). Revitalisasi Pendidikan
Pancasila dalam Pembentukan Life
Skill. Jurnal Citizenship Prodi
PPKN , Vol 6. No 2. Hal 112.
Sumardjoko, B. (2013). Revitalisasi NilaiNilai Pancasila Melalui
Pembelajaran PKN Berbasis Keaifan
Lokak untuk Penguatan Karakter dan
Jati Diri Bangsa . Jurnal Varia
Pendidikan , Vol. 25 No. 2 Hal. 112.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal Citizenship Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Citizenship.
Citizenship has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.Â
Fill out the form and submit via email or fax to the following address:
Siska Diana Sari, S.H M.H
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP, Universitas PGRI MADIUN
Jl. Setia Budi No. 85 Madiun, East Java, Indonesia
Phone/Fax : +62351462986/+62351459400
email : citizenship@unipma.ac.idÂ
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â