PERANAN UPACARA BENDERA HARI SENIN TERHADAP PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN SISWA SMPN 2 GENENG, KECAMATAN GENENG, KABUPATEN NGAWI TAHUN AJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.25273/citizenship.v8i2.7713Abstract
Perilaku siswa SMPN 2 Geneng Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi masih sangat kurang baik terutama dalam pendidikan karakter disiplin atau soal kedisiplinan pada dirinya, masih banyak siswa tidak taat terhadap peraturan sekolah contohnya adalah masih banyaknya siswa yang tidak disiplin dalam mengikuti upacara bendera. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan upacara bendera hari senin terhadap pembinaan karakter disiplin siswa SMPN 2 Geneng,Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi Tahun ajaran 2019/2020.Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Geneng kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi.Sampel yang diambil untuk penelitian ini adalah Siswa,Guru dan Orang Tua menggunakan Angket online. Untuk menguji kebenaran penelitian ini peneliti menggunakan teknik purposive sampling dimana pengambilan elemen dimasukkan dalam sampel tersebut representative atau mewakili populasi.Selanjutnya peneliti hanya mengambil kelompok kunci(key-areas) sebagai sampelnya yang berdasarkan atas ciri-ciri tertentu yang dipandang mempunyai hubungan dengan sifat populasi yang sudah diketahui sebelumnya.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan upacara bendera setiap hari senin sangatlah membantu dalam pembentukan karakter disiplin siswa SMPN 2 Geneng Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi, hal ini disebabkan juga karena adanya peran dari Bapak ibu guru SMPN 2 Geneng dan Orang Tua yang selalu membimbing dan membina siswa siswi di sekolah maupun di rumah.
Downloads
References
Adiatna Yoko. 2018.Pengertian, Maksud dan Tujuan Upacara Bendera Di Indonesia (Understanding, Purpose and Purpose of Flag CeremonyIn Indonesia)https://steemit.com/steemians/@yokodomc/pengertian-maksud-dantujuanupacara-bendera-di-indonesia-understandingpurpose-and-purpose-of-flag-ceremony-in-indonesia
Arijunto,2002:122. Dalam Arropi Hikmah.2015. Peranan Mts Al-Hidayah dalam Meningkatkan Perilaku Keagamaan Masyarakat.Skripsi.Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.
Djam'an Satori, M.A & Aan Komariah, 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Alfabeta, 2011), hal. 25. Dalam Farid Mahruz. 2015. Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Membantu Siswa Kurang Percaya Diri Akibat Keadaan Ekonomi Yang Rendah Melalui Terapi Pembiasaan Dzikir (Study Kasus Siswa X di MA Bahauddin Sepanjang Sidoarjo).Skripsi.Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan (Ftk). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Friska Budrisari. 2014. “Study Ethnomathematics Mengungkap Aspek-Aspek Matematika Pada Penentuan Hari Baik Aktivitas Sehari-Hari Masyarakat Adat kampung Kuta Di Ciamis Jawa Baratâ€.Skripsi. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia
Indri Primavera. 2017. “Peran Upacara Bendera dalam membentuk karakter disiplin, tanggung jawab dan semangat kebangsaan peserta didikâ€. Skripsi. Purwokerto. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Samani Muchlas, Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal Citizenship Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Citizenship.
Citizenship has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.Â
Fill out the form and submit via email or fax to the following address:
Siska Diana Sari, S.H M.H
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP, Universitas PGRI MADIUN
Jl. Setia Budi No. 85 Madiun, East Java, Indonesia
Phone/Fax : +62351462986/+62351459400
email : citizenship@unipma.ac.idÂ
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â