Persepsi Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Kebijakan Publik
DOI:
https://doi.org/10.25273/citizenship.v8i2.6606Abstract
Kebijakan publik merupakan segala bentuk peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk kepentingan masyarakat. Kebijakan publik tidak bisa terlepas dari berbagai kepentingan dari banyak pihak, oleh karenanya dalam kebijakan publik juga tidak terlepas dari adanya ilmu politik. Tulisan ini akan menunjukkan persepsi dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Universitas Muhammadiyah Ponorogo dengan adanya mata kuliah kebijakan publik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan alat bantu pengumpulan data adalah kuesioner. Hasil yang telah didapat dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat persepsi mahasiswa dalam keberadaan mata kuliah kebijakan publik sangat baik. Banyak faktor yang menjadikan mahasiswa antusias terhadap keberadaan mata kuliah kebijakan publik, diantaranya adalah tuntutan pekerjaan yang akan dilakukan oleh mahasiswa ketika lulus, selain menjadi seorang pendidik mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP/SMA/sederajat mereka juga akan bekerja pada lembaga lain seperti pada lembaga pemerintahan dan non pemerintah serta pada bagian-bagian yang strategis seperti perencana program dan analis kebijakan.
Downloads
References
Achmad, Irfan Zinat dan Aria Kusuma Yuda. Persepsi Mahasiswa PJKR Pada Mata Kuliah Pembelajaran Permainan Bola Voli di Universitas Singaperbangsa Karawang. Jurnal Pedagogik Olahraga Volume 3 Nomor 2 Juli-Desember 2017
Agustino, Leo. 2008. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta
Anderson, James E. 1984. Public Policy Making. New York: Holt, Rinehart and Winston
Arifin, HS. Ikhsan Fuady, Engkus Kuswono. 2017. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa Untirta Terhadap Keberadaan Perda Syariah di Kota Serang. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik. Volume 21 Nomor 1 Tahun 2017. DOI: http://dx.doi.org/10.33299/jpkop.21.1.936
Dye, Thomas R. 1995. Understanding Public Policy. New Jersey: Prentice Hall.
Hadi, Sutrisno. 1991. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta
Hamka. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Listyana, Rohmaul dan Yudi Hartono. 2015. Persepsi dan Sikap Masyarakat Terhadap Penanggalan Jawa Penentu Waktu Pernikahan (Studi Kasus Desa Jonggrang Kecamatan Barat Kabupaten Magetan Tahun 2013). Jurnal Agastya Volume 5 Nomor 1 Januari 2015. DOI: http://doi.org/10.25273/ajsp.v5i01.898
Mahardhani, Ardhana Januar. 2018. Advokasi Kebijakan Publik. Ponorogo: Calina Media.
Rusdiana. 2015. Kebijakan Pendidikan: dari Filosofi ke Implementasi. Bandung: Pustaka Setia
Sunarto. Sulton. dan Ardhana Januar Mahardhani. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Materi Pendidikan Politik bagi Guru PPKn MTs di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar Volume 1 Nomor 1 Juli-Desember 2019
Walgito, Bimo. 1981. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal Citizenship Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Citizenship.
Citizenship has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.Â
Fill out the form and submit via email or fax to the following address:
Siska Diana Sari, S.H M.H
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP, Universitas PGRI MADIUN
Jl. Setia Budi No. 85 Madiun, East Java, Indonesia
Phone/Fax : +62351462986/+62351459400
email : citizenship@unipma.ac.idÂ
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â