NILAI-NILAI BELA NEGARA DALAM KELUARGA PERSILATAN KI AGENG PANDAS ALAS

Muhammad Hanif, Nurhadji Nugraha, Parji Parji

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan nilai-nilai bela negara yang terkandung dalam Keluarga Persilatan Ki Ageng Pandan Alas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif etnografis. Dilaksanakan di Madiun mulai bulan Januari-April 2020. Sumber data yang digunakan bersifat primer dan skunder. Teknik pengambilan datanya dengan wawancara, observasi, dan pecatatan dokumen. Sedangkan validitas datanya menggunakan teknik triangulasi sumber dan analisis datanya menggunakan teknik Coding Model Strauss dan Corbin. Hasil penelitian menggambarkan bahwa falsafah dan perwujudannya dalam lambang, tembang, program kerja dan implementasinya mengandung nilai-nilai bela negara, diantaranya; (1) mencintai, menjaga dan melestarikan lingkungan, (2) menjaga nama baik bangsa dan negara, (3) disiplin dan bertanggung jawab, (4) menghargai dan menghormati keanekaragaman SARA, (5) rukun dan berjiwa gotong royong, (6) menjalankan hak dan kewajiban sesuai peraturan perundangan yang berlaku, (7) meyakini Pancasila dan menjadikannya sebagai asas, dan tujuan, (8) rela berkurban untuk bangsa dan negara, (9) memiliki kemampuan awal bela negara, dan (10) semangat dan bekerja keras untuk meningkatkan kesejahteraan diri, keluarga, dan masyarakat.


Keywords


Keluarga Persilatan Ki Ageng Pandan Alas, Nilai Bela Negara

Full Text:

PDF

References


Basseng,. Ferrijana, S., Sejati, T. (2019). Modul Pelatihan Dasar Calon PNS Wawasan Kebangsaan dan Nilai-nilai Bela Negara. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.

Creeswell, J. W. (2014). Penelitian Kualitatif&Desain Riset. (S. Z. Qudsy, Ed.) (3rd ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Efendi, A. (2011). Mengenal Tembang Macapat. Widyatama, 20(2).

Fitriana, E. N. (2019). Realitas Kekerasan Simbolik Dalam Relasi Sosial Anggota Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate Di Kabupaten Ngajuk. Lakon, 8(1).

Handoko, M. S. . (2018). Nilai-nilai Filosofis Yang Terkandung Didalam Gerakan Seni Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate. Simki-Pedagogia, 2(4).

Hanif, M. (2016). Kesenian Dongkrek (Studi Nilai Budaya Dan Potensinya Sebagai Sumber Pendidikan Karakter). Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 1(2), 132–141. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/gulawentah/article/view/1036/pdf

Hanif, M. (2017). Kesenian Ledug Kabupaten Magetan (Studi Nilai Simbolik dan Sumber Ketahanan Budaya). Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 2(2).

Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Antropologi, edisi revisi 2009. Jakarta: Rineka Cipta.

Kriswanto, E. S. (2015). Pencak Silat. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Mintardja, S. H. (1966). Naga Sasra dan Sabuk Inten. Yogyakarta: Kedaulatan Rakyat.

Nuraida, N. (2016). Pengembangan Nilai-Nilai Melalui Pendidikan Silat Untuk Anak Usia Dini (Studi Kasus Di Paguron Pencak Silat Galura Panglipur Bandung). Tunas Siliwangi, 2(1).

Rais, H. E. (2012). Kamus Ilmiah Populer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Soekanto S., dan Sulistyowati, B. (2014). Sosiologi Suatu Pengantar (46th ed.). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Strauss, A. dan Corbin, J. (1990). Basic off qualitative research: Grounded theory and procedure and techniques. Newbury Park, CA: Sage.

Uhi, J. A. (2016). Filsafat Kebudayaan, Konstruksi Pemikiran Cornelis Anthonie van Peursen dan Catatan Reflektifnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widodo, S. (2011). Implementasi Bela Negara Untuk Mewujudkan Nasionalisme. Jurnal Ilmiah Civis, 1(1).


Article Metrics

Abstract has been read : 1941 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v8i1.6507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

citizenship indexed by:


   


View My Stats


Creative Commons License
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.