AKTUALISASI NILAI-NILAI PANCASILA (MENCARI MODEL PENDIDIKAN PANCASILA DI PERGURUAN TINGGI)

Authors

  • Wawan Kokotiasa IKIP PGRI Madiun
  • Budiyono Budiyono IKIP PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/citizenship.v2i1.3431

Abstract

Berawal dari keprihatinan tentang degradasi pengakuan dan pengamalan nilai-nilai Pancasila oleh warga bangsa ini, maka peneliti terinspirasi
untuk mengetahui lebih jauh factor penyebabnya dan ingin mengaktualisasikan secara kontekstual dan praksis. Secara spesifik penelitian ini
ingin menemukan model penanaman nilai-nilai Pancasila yang relevan di Perguruan Tinggi. Untuk itu riset ini menggunakan desain penelitian
kualitatif dengan cara mewawancarai informan terpilih dikota Madiun guna menghasilkan data yang holistik. Kesimpulannya, model
implementasi nilai-nilai Pancasila yang paling efektif adalah melalui mekanisme sosialisasi. Khusus di Perguruan Tinggi, pola sosialisasi bisa
terintegrasi dengan kurikulum yang tersedia. Model pembelajaran harus menarik dan mahasiswa menjadi subjek pembelajaran. Sarana dan
kemajuan teknologi harus bisa bersinergi dengan pola pendidikan seperti penggunaan audio visual, website, facebook, twitter, yang dewasa
ini menjangkiti kawula muda termasuk mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Issue

Section

Articles