REVITALISASI PEMBANGUNAN KARAKTER DALAM MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Authors

  • J.Agung Indratmoko IKIP PGRI Jember
  • Khairul Ahmadi IKIP PGRI JEMBER
  • Catur Yunianto IKIP PGRI JEMBER

DOI:

https://doi.org/10.25273/citizenship.v7i1.3417

Keywords:

Pembangunan Karakter, Manajemen Pembelajaran, Pendidikan Kewarganegaraan.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesiapan manajemen pembelajaran dapat memberikan dampak pada pembangunan karakter dan bagaimana hasil dari peningkatan pembentukan karakter siswa melalui mata pelajaran kewarganegaraan. Model desain yang digunakan adalah analisis ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implementasi, dan Evaluasi). Objek analisis adalah guru dan siswa SMP Negeri 11 Jember. Hasil analisis menunjukkan bahwa, pertama Kepala Sekolah SMPN 11 Jember menunjukkan kesiapan yang sangat matang dalam meningkatkan kinerja setiap individu guru melalui program pelatihan, workshop, seminar dan kegiatan lain untuk membantu meningkatkan kemampuan peserta didik agar belajar dan mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik. Kedua, pembentukan karakter siswa melalui mata pelajaran Kewarganegaraan dapat dikatakan berhasil, karena adanya peningkatan nilai rata-rata yang semula 37,11 menjadi 44,91. Selain itu analisis menggunakan Paired Sample T-Test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pembentukan karakter siswa melalui mata pelajaran kewarganegaraan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Appley A, Lawrence dan Oey, Liang, Lee. 2010. Pengantar Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Arikunto.S, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Aryadi, Mahrus. 2010. Metode Menafsir Data Kualitatif (Makalah). Banjarbaru: Unlam.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD: Tinjauan Teoritik dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fathoni, Ahmad. 2015. Pembelajaran Berbasis Karakter. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. http://kbbi.web.id/.

Masrukhi. 2008. Manajemen Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pembangun Karakter. Disertasi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Muchji, Achmad; Subiyakto, Gatot; Mugimin, Herru; Raharja, Mei; dan Sangabakti, Sangsang. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Putra, Nusa dan Lestari, Ninin, Dwi. 2013. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, W. 2013.Penelitian Tindakan Kelas.Cetakan ke-5. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Septikasari, Zela. Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers. ISBN: 978-602-70471-1-2.

Sobry, M., Sutikno. 2012. Manajemen Pendidikan: Langkah Praktis Mewujudkan Lembaga Pendidikan yang Unggul. Lombok: Holistica.

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun 1945.

Downloads

Published

2019-06-21

Issue

Section

Articles