PENGARUH MODEL PBM DALAM PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP DEMOKRATIS

Authors

  • Risti Aulia Ulfa Universitas Negeri Yogyakarta
  • Danang Prasetyo Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
  • Marzuki Marzuki Program Pasca Sarjana Uiversitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.25273/citizenship.v6i2.3307

Keywords:

pendidikan kewarganegaraan, model pembelajaran berbasis masalah, kemampuan berpikir kritis, sikap demokratis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis, dan (2) pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap sikap demokratis bagi peserta didik dalam pembelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dan angket sikap demokratis. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Magelang pada Kompetensi Dasar menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara, yang terbukti nilai t hitung > t tabel pada taraf signifikansi α = 0,05  (2,557> 2,000). (2) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap sikap demokratis peserta didik dalam pembelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Magelang pada Kompetensi Dasar menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara, yang terbukti nilai t hitung > dari t tabel pada taraf signifikansi α = 0,05 (5,332> 2,000).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Center for Civic Education. 1994. National standards for Civics and Government. Calabasas: CCE.

Cholisin. (Mei 2005). Pengembangan paradigma baru Pendidikan Kewarganegaraan Civic Education) dalam praktek pembelajaran kurikulum berbasis kompetensi. Makalah disajikan dalam Training of Trainers (ToT) Nasional Guru Mata Pelajaran PKn, di Asrama Haji Surabaya. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131474282/penelitian/PARADIGMA+BARU+ PKN_0.pdf. Diunduh tanggal 30 Oktober 2017.

Feriandi, Y. A. (2017). Revitalisasi moral kewarganegaraan dalam ungkapan Jawa sebagai sumber pembentukan civic culture dan politic culture. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(2), 176-182.

Isaac, S. & Michael, W.B. (1981). Handbook in research and evaluation: for education and the behavioral sciences, second edition. San Diego: Edits Publishers.

Kemendikbud. (2014). Materi pelatihan implementasi kurikulum 2013 guru SMA/SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MA/MAK mata pelajaran PPKn. Jakarta: BPSDMP & PMP.

Marzuki, M., & Feriandi, Y. A. (2016). Pengaruh Peran Guru Ppkn dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Tindakan Moral Siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 46(2), 193-206.

Massa, N.M. (2008). Problem-based learning (pbl): a real-world antidote to the standart and testing regime. The New England Journal of Higher Education. 22 (4), 19-20.

Murdiono, M. (2010). Peningkatan keterampilan kewarganegaraan (civic skills) melalui penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 3 (1), 16-29.

Prasetyo, G.E. (2012). Pengaruh prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan terhadap sikap demokratis siswa kelas XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011. Jurnal Citizenship. 1 (2), 105-112.

Purnomo, R. Lasmawan, I.W. & Ni Ketut Suarni, N.K. (2015). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap sikap demokratis dan hasil belajar IPS kelas VI MI Al Miftah Denpasar. Jurnal Pendidikan Dasar. 5 (1), 1-7.

Rosyada, D. (2004). Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta: Prenada Media.

Samsuri. (September 2013). Paradigma Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kurikulum 2013. Makalah disajikan dalam Kuliah Umum Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, di FKIP Universitas Ahmad Dahlan. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132300167/pengabdian/paradigma-pendidikan-kewargane garaan-kurikulum-2013-kuliah-umum-fkip-uad-15-september-2013.pdf. Diunduh tanggal 30 Oktober 2017.

Shoimin, A. (2014). 68 Model pembelajaran inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Arr-Ruzz Media.

Soenarjo, S. (2013). MEMBANGUN KEHIDUPAN DEMOKRASI MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(1), 112-118.

Somantri, M.N. (2001). Menggagas pembaharuan pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D.Bandung: CV Alfabeta.

Suprihatiningrum, J. (2012). Strategi pembelajaran teori dan aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tan, O.S. (2003). Problem-based learning innovation: using problem to power learning in the 21st century. Singapore: Thompson Learning.

Winataputra, U.S. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan dalam perspektif pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa (gagasan, instrumentasi, dan praksis). Bandung: Widya Aksara Press.

Yang, S.C. & Chung, T.Y. (2009). Experimental study of teaching

critical thinking in civic education in Taiwanese junior high school. British Journal of Educational Psychology. 79 (1), 29-55.

Yoswita, F.D., Pramudiyanti, & Marpaung, R.R. T. (2014). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Bioterdidik. 2 (6), 1-10.

Downloads

Published

2018-10-31

Issue

Section

Articles