PENGARUH MOTIVASI SISWA DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA
DOI:
https://doi.org/10.25273/citizenship.v6i2.3115Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh motivasi siswa dan kreativitas belajar  terhadap hasil belajar PKn siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian survey yang berproses kuantitatif dengan pendekatan eksplanasi asosiatif kausal, melalui sampel acak sebanyak 30 responden siswa kelas XI dari populasi sebanyak 140 siswa kelas XI SMK Swasta Di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Hasil penelitian menunjukan bahwa Motivasi Siswa dan kreativitas belajar secara bersama-sama berpengaruh cukup terhadap Hasil Belajar di SMK Swasta di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor, dengan nilai korelasi sebesar 0,723. Besarnya pengaruh motivasi siswa dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa yakni mencapai sekitar 52,20%. Melihat besarnya pengaruh motivasi siswa dan kreatifitas belajar terhadap hasil belajar maka guru dan orang tua hendaknaya selalu memotivasi siswa dan memacu kreatifitasnya dalam belajar guna meningkatkan hasil belajarnya.
Downloads
References
Abdurrahman, Mulyono. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta, 2003
Bigge, Morris L. Learning Theories for Teachers. New York: Harper and Row, 2002.
Durden, William G. “Rediscovering Self-Relience in Education: The Optimal Matchâ€. Phi DeltaKappa, v 77, November 2005.
Dwi Prayitno, Penelitian Diskreptif, Jakarta : Aneka Ilmu, 2012
Effendi, E. Usman. Pengantar Psikologi Pendidikan. Bandung: Angkasa, 2004.
Felder, Richard Navigating the Bumpy Road to Student-Cenrtered Instruction. College teaching v 44 Spring), 2006.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.
House, Daniel J. “Relationship between Learner Attitude, Prior Achievement, and Performance in a General Education Courseâ€. Interntional Journal of Instructional Media v 23 no 3, 2006.
Makmun, Abin Syamsuddin. Psikologi Kependidikan. Bandung: Rosdakarya. 2001.
Mar’at, Samsunuwiyati. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.
McCombs, Barbara L. “Understanding the Keys to Motivation to Learnâ€. Internet, Kid Source Online, h. 1, diakses tanggal 12 Januari 2016.
McCombs, Barbara L. Understanding the Keys to Creativity to Learn. http://www.mcrel.orq/barbaran.asp, Internet, diakses tanggal 12 Januari 2016.
McDonald, Frederick. Educational Psychology (Becaming an Educator). Boston: Houghton Mifflin Company, 2001.
Moh. Nasir, Metodologi Penelitian, Jakarta : BSI, 2003
Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung Rosda Karya, 2010.
Munandar, Utami. Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan potensi Kreatif dan
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal Citizenship Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Citizenship.
Citizenship has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.Â
Fill out the form and submit via email or fax to the following address:
Siska Diana Sari, S.H M.H
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP, Universitas PGRI MADIUN
Jl. Setia Budi No. 85 Madiun, East Java, Indonesia
Phone/Fax : +62351462986/+62351459400
email : citizenship@unipma.ac.idÂ
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â