Relevansi Nilai Kearifan Lokal Sebagai Pendidikan Moral

Hanni Handayani, Yuni Harmawati, Yohanes Widhiastanto, Jumadi Jumadi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan relevansi nilai kearifan lokal sebagai pendidikan moral. Pendidikan moral bertujuan untuk membentuk perilaku moral yang baik. Perilaku moral yang baik dapat diajarkan dan dibiasakan dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Dalam lingkungan sekolah dapat diajarkan melalui matapelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai pendidikan moral. Untuk dapat membentuk perilaku moral yang baik, peserta didik bukan hanya harus memahami mengenai konsep moral, namun harus mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu pendidikan moral harus mengutamakan ketiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Dalam penelitian ini menggunakan metode literatur review. Penelti mengidentifikasi, mengevluasi dan menyajikan temuan dari berbagi studi penelitian. Peneliti mereview literatur mengenai pendidikan moral dan nilai kearifan lokal secara mendalam.

Hasil dari penelitian ini adalah nilai kearifan lokal sangat relevan untuk diintegrasikan dalam pendidikan moral. Pembiasaan moral yang baik dan pengambilan keputusan moral dapat berpedoman pada nilai kearifan lokal. Peserta didik membutuhkan contoh moral yang nyata sesuai kondisi lingkungannya. Dengan demikian pendidikan moral berbeda di setiap daerah, disesuaikan dengan nilai kearifan lokal daerah tersebut yang dapat diambil dari budaya daerah maupun cerita rakyat daerah tersebut.


Full Text:

PDF

References


Hidayat, Ujang Syarip. 2019. Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Sunda. Budhi Mulia. Sukabumi.

Yunus, Rasid. 2012. Nilai-Nilai Kearifan Lokal (Local Genius) Sebagai Penguat Karakter Bangsa. Deepublish. Yogyakarta.

Nasruddin, dkk. 2011. Buku Kearifan Lokal di Tengah Modernisasi. Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia: Jakarta

Syarbini, Amirulloh. 2014. Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Sri, S. 2019. Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Budaya Lokal dalam Keluarga di Era Global. Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi. 3(1): 68-71.

Naela, K. 2018. Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 1(1): 48-53.

Fatimah, I. 2012. Pendidikan Moral Anak Melalui Pengajaran Bidang Studi PPKn dan Pendidikan Agama. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. 12(2): 338-347.

Novia, W. 2013. Pembelajaran Nilai-Nilai Kearifan Lokal Sebagai Penguat Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Informal. Jurnal Penelitian Pendidikan. 13(1): 56- 66.

Maria, P. 2016. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Lingkungan Keluarga. Universitas Flores.

Rinitami, N. 2018. Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Edisi Jurnal Gema Keadilan. 5(1): 16-30.


Article Metrics

Abstract has been read : 1799 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v9i2.2371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

citizenship indexed by:


   


View My Stats


Creative Commons License
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.