PERAN GURU MATA PELAJARAN PKN DALAM PROSES IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.25273/citizenship.v6i2.2344

Keywords:

Peran Guru, Implementasi Pendidikan Karakter, Proses Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pendidikan karakter dan mendeskripsikan peran guru mata pelajaran PKn dalam proses implementasi pendidikan karakter pada siswa Kelas XII SMK YPK 2 Kabupaten Biak Numfor. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan karakteristik menginterprestasikan data hasil obervasi proses pembelajaran dan hasil wawancara guru dan siswa. Adapun subjek penelitian berjumlah 43 orang terdiri 1 orang guru mata pelajaran PKn yang berperan sebagai informan utama dan 42 orang siswa kelas XII sebagai informan data primer. Selanjutnya dari hasil analisis data diketahui bahwa perencanaan pendidikan karakter di SMK YPK 2 Biak melibatkan siswa dalam kegiatan intra dan ekstra sekolah. Kegiatan intra meliputi pengorganisasian kelas seperti interaksi dalam proses pembelajaran di kelas, upacara bendera, apel pagi, ibadah singkat sebelum memulai dan mengakhiri pembelajaran sedangkan kegiatan ekstra sekolah meliputi kegiatan pramuka, olah raga, dan seni budaya. Adapun dua kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa karena lewat perencanaan kegiatan yang baik maka guru dapat mendidik siswa untuk menjadi pribadi yang berkarakter.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rusmiati Rusmiati, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Biak

Rusmiati was born in Besum, September 5th 1977. She is a college students of Civic Education Department at Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Biak.

Andre Paulus Saleky, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Biak

Andre Paulus Saleky was born in Maluku. He received his Bachelor degree in English Education from Pattimura University in 2013. Then in August 2016, he obtained his Master degree in English Education Study Program at University Pattimura. Since 2017, he joined to Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Biak, Papua as a permanent lecturer and currently teaching English for Civic Education, Mathematics Education, and Primary Teacher Education Department.

References

Budiyono, B., & Feriandi, Y. A. (2017). Menggali Nilai Nilai Kearifan Lokal Budaya Jawa Sebagai Sumber Pendidikan Karakter. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling (Vol. 1, No. 1, pp. 92-103).

Elfrianto. (2015). Urgensi Keseimbangan Pendidikan Budi Pekerti di Rumah dan di Sekolah, Jurnal Edu Teach. Vol, 1 Maret 2015 ISSN: 2442.6024.

Haryati, S. (2017). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Tersedia secara online di:http://lib.untidar.ac.id/wp-content/uploads.

Hayes, G.K. (2003). Whoes Volues Do We Teach ? Delta Kappa Gamma Bull. Vol 69, No. 3, pp.55.57.

Ibnu S., Mukhadis A., dan Dasna, I.W. (2003). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Lickona. (2004) charact Hatter: How to Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity, and Other Esential Virtnes. Newyork: Simon&Schuters, Inc.

Nazir. (2005). Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Palys, T. (2008) Purposive Sampling. In L M. Given (Ed.). The Sage Encyclopedia of Qualitative Research Methods. (Vol 2). Sage: Los Angeles, pp. 697-8.

Prabowo, A. dan Heriyanto. (2013). Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik ( E-Book ) Oleh Pemustaka Di Perpustakaan Sma Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan. Volume 2, Nomor 2, Tahun 2013 Hal 1-9.

Sarbaini (2012). Pembinaan Kepatuhan Peserta Didik Terhadap Norma Sekolah; Studi Kasus di SMA Korpri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Lambung Mangkurat. Vol. 2 No. 10 Nopember 2012. ISSN: 2303-2979.

Sugiyono. (2001). Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suyitno, Imam. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Berwawasan Kerarifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun II, Nomor 1, Februari 2012.

Tuasikal, P., & Saleky, A. P. (2018). The Theory of Citizenship as A Medium in Promoting Public Policy. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosial Budaya, 2(2), 145-152.

Winarno, M. E. (2018). Metedologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani.Universitas Negeri Malang (UM) Press. ISBN. 979.495.673.2

Winkel dan Hastuti. (2005). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia

Zubaedi (2011) Desain Pendidikan Karakter. Jakarta Kencana.

Marzuki, M., & Feriandi, Y. A. (2016). Pengaruh Peran Guru Ppkn dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Tindakan Moral Siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 46(2), 193-206.

Downloads

Published

2018-10-31

Issue

Section

Articles