PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBANGUN WARGA NEGARA GLOBAL
DOI:
https://doi.org/10.25273/citizenship.v6i1.1880Keywords:
Pendidikan Kewarganegaraan, Warga Negara GlobalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gagasan pendidikan kewarganegaraan global serta peran pendidikan kewarganegaraan dalam membangun warga negara global. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur yang menganalisis berbagai teori tentang kewarganegaraan global dan pendidikan kewarganegaraan yang ada di Indonesia. Berdasarkan hasi penelitian menunjukkan bahwa Warga negara global merupakan bentuk pelaksanaan sistem kewarganegaraan yang mencangkup beberapa hak dan kewajiban dasar warga negara secara global. Warga negara global tentu harus disiapkan secara langsung khusunya pada jenjang sekolah dasar maupun sekolah menengah bahkan sampai perguruan tinggi. Melalui proses pendidikan kewarganegaraan yang diajarkan diharapkan mampu menstranformasikan nilai-nilai dasar warga negara global dalam berkehidupan bermasyarakat dan bernegara. Sehingga akan mampu menyelesaikan berbagai permasalahan maupuan konflik serta isu-isu yang terjadi secara global
Downloads
References
Banks, J. A. 2008. “Diversity, Group Identity, and Citizenship Education in A Global Ageâ€, dalam Educational Researcher, 37 (3), hlm. 129-139
Bourke, L., Bamber, P., dan Lyons, M. 2012. “Global Citizens: Who Are They?â€, dalam Education, Citizenship and Social Justice, 7 (2), hlm. 161-174
Cogen, I. J, (1999). Developing the Civil Society: The Role of Civic Education. Bandung: CICED
Dill Jefferey, S. (2012). The Moral Education of Global Citizenship. Global Sociaty. pp. 541-456. DOI: 10.1007/s12115-012-9599-8.
Gerzon, M. (2010). American Citizen, Global Citizen: How Expanding Our Identities Makes Us Safer, Stronger, Wiser, And Builds a Batter World. United State of America: Library of Congres Cataloging. Book@SpiritScoper.com
Hater. (2004). A. Brief History of Citizenship. Pp. 105-113. Word Citizenship. Edinburgh University Press
Lickona T. (2002). Education For Character: Mendidikkn untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Mengajarkan Sikap Hormat dan Tanggung Jawab. Jakarta: Bumi Aksara.
Linkalter, A. (2002). “Cosmopolitin Citizenship†pp. 317-331 in Isin, F. E and B.S. Turner. Handbook of Ctitizenship. London: SAGE Publication
Muhammad Syaifudin & Agus Satmoko. (2014). Kontribusi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam Pembentukan Perilaku siswa SMA Negari 19 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan Volume 2 Nomor 2.
Republik Indonesia. (2013). Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Tujuan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Shahla Zahabioun, Alireza Yousefy, Mohammad H Yarmohammadian & Narges Keshtiaray. (2013). Global Citizenship Education and Its Implications for Curriculum Goals at the Age of Globalization. International Education Studies. pp.195-206. DOI: 10.5539/ies.v6n1p195
Suemantri. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sutrisno. (2017). Implementasi pendidikan antikorupsi pada mata pelajaran PPKn berbasis project citizen di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Civics, 14 (2), pp. 166-175. DOI: 10.21831/civics.v14i2.15664
Surya Dharma. (2016). Teori Sosial dan Kewarganegaraan. Bandung: Widya Aksara Press
Sutrisno & Murdiono. (2017). Pengembangan Modul Pendidikan Anti Korupsi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. 4(1), pp. 55-66. DOI: 10.21831/hsjpi.v4i1.9789
Syarbaini, Syahrial, dkk. 2006. Membangun Karakter dan Kepribadian melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta : UIEU – University Press
Udin S. Winataputra. (2015). Pendidikan Kewarganegaraan Refleksi Historis Epistimologi dan Rekonstruksi untuk Masa Depan. Banten: Universitas Terbuka.
Wahab, AA dan Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
Waters, Malcolm. (1995). Globalization. London: Routladge
Winarno. (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal Citizenship Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Citizenship.
Citizenship has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.Â
Fill out the form and submit via email or fax to the following address:
Siska Diana Sari, S.H M.H
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP, Universitas PGRI MADIUN
Jl. Setia Budi No. 85 Madiun, East Java, Indonesia
Phone/Fax : +62351462986/+62351459400
email : citizenship@unipma.ac.idÂ
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â