PEMBENTUKAN SIKAP MANDIRI DANTANGGUNG JAWAB MELALUI PENERAPAN METODE SOSIODRAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
DOI:
https://doi.org/10.25273/citizenship.v5i2.1643Keywords:
Pendidikan Kewarganegaraan, Mandiri, Tanggung Jawab, SosiodramaAbstract
Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang mengikuti perkembangan zaman.Pendidikan Kewarganegaraan memuat materi tentang isu-isu global, seperti identitas, ketergantungan, moralitas, budaya, etnis, agama, hak, dan tanggung jawab.isu-isu global tersebut merupakan masalah kewarganegaraan global yang terjadi tidak hanya di negara Indonesia, tetapi juga di negara-negara lain. Tanggung jawab dan mandiri penting untuk dikembangkan pada generasi muda sehingga dapat mengikuti perkembangan zaman.Jika sikap mandiri adala pada diri pribadi dalam mengerjakan tugas maka generasi muda akan tanggung jawab pula dalam penyelesaian tugas yang diberikan. Kedua karakter tersebut dapat dikembangkan dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.Sikap mandiri dan tanggung jawab dapat dibentuk melalui metode pembelajaran yang menekankan pada peran aktif peserta didik, membutuhkan kerja individu dan kelompok, dan membutuhkan pemecahan masalah. Metode yang dimaksud adalah metode pembelajaran sosiodrama. Makalah ini akan mendiskripsikan pentingnya sikap mandiri dantanggung jawab serta pembentukan sikap mandiridan tanggung jawabmelalui penerapan metode sosiodrama.
Downloads
References
Aisyah, A’an, Nusantoro,Eko,& Kurniawan, Kusnarto. (2014). Meningkatkan tanggung jawab belajar melalui penguasaan konten. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 3 (3), 44-50.
Alaba, Sofowora Olaniyi. (2014). A study of the effectiveness of socio-drama learning package in promoting environmental knowledge and behaviour of secondary schools students in Osun State, Nigeria. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5 (23), 1325-1330.
Assifa, Farid. (2 Mei 2016).Pelajar SMA Gantung Diri karena Kecewa Terpergok Pacaran di Toilet Sekolah.Diambil pada tanggal 25 Oktober 2016, dari http://regional.kompas.com/read/2016/05/02/06170831/Pelajar.SMA.Gantung.Diri.karena.Kecewa.Terpergok.Pacaran.di.Toilet.Sekolah
Ericson, David P dan Ellett, Frederick S. (1990). Taking student responsibility seriously. Educational Researcher, 19, 3-10.
Fahradina, Nova, Ansari, Bansu I., & Saiman. (2014). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa smp dengan menggunakan model investigasi kelompok. Jurnal Didaktik Matematika, 1 (1), 54-64.
Ganda, Fortune, Ngwakwe, Collins C, & Ambe, C M. (2014). Independent Research and a Deep Approach to Learning of Accounting Concepts: Students’ View. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5 (6), 75-89.
Haq, Abdul. (4 April 2016). Saling Contek Warnai Pelaksanaan UN di Gowa. Diambil pada tanggal 3 Agustus 2017, dari http://regional.kompas.com/read/2016/04/04/13400071/Saling.Contek.Warnai.Pelaksanaan.UN.di.Gowa
Hermansyah, Dadang. (1 Desember 2015). Siswa Sering Bolos Dikeluarkan Sekolah, Orangtua Mengamuk. Diambil pada tanggal 25 Oktober 2016, dari http://daerah.sindonews.com/read/1065902/21/siswa-sering-bolos-dikeluarkan-sekolah-orangtua-mengamuk-1448959994
Jansen, Barbara A. (2011). Civic education and the learning behaviors of youth in the online environment: a call for reform. Journal of Social Studies Education Research, 2(2), 22-42.
Jarrar, Amani & Althubetat, Qasem. (2013). Peace concepts in civic education curriculum: a jordanian university sample. Journal of Education and Practice, 4, 83-90.
Joewono, Benny N. (5 Juni 2011). Ada Gladi Resik Contek Massal di Gadel 2. Diambil pada tanggal 3 Agustus 2017, dari http://edukasi.kompas.com/read/2011/06/05/20032985/Ada.Gladi.Resik.Nyontek.Massal.di.UN.SD
Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. (2010). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa pedoman sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Kennedy, Kerry J. (2012). Global trends in civic and citizenship education: what are the lessons for nation states?. Education Sciences, 2, 121-135.
Masriah, Sukestiyarno, & Susilo, B.E.. (2014). Pengembangan karakter mandiri dan pemecahan masalah melalui model pembelajaran mmp pendekatan atong materi geometri. Unnes Journal of Mathematics Education, 2 (4), 157-163.
Mirza, Nathalie Muller. (2011). Civic education and intercultural issues in Switzerland: Psychosocial dimensions of an education to “othernessâ€. Journal of Social Science Education, 10 (4), 31-40.
Pingul, Ferdinand S. (2015). Measuring the impact of a supplemental civic education program on students’ civic attitude and efficacy beliefs. Journal of Education and Training Studies, 3 (2), 61-69.
Ragnarsdottir, Asa Helga & Dorkelsdottir, Rannveig Bjork. (2012). Creative learning through drama. International Journal of Drama in Education, 3 (1). 1-19.
Reynolds, Ruth. (2012). Civics and citizenship education in its global context:the complexity of global citizenship dialogues. Educ. Sci., 2, 190-192.
Sudjana, Nana. (2013). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Presiden RI.
Wright, Gloria Brown. (2011). Student-centered learning in higher education. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 23 (3), 92-97.
Zahabioun, Shahla, et al. (2013). Global citizenship education and its implications for curriculum goals at the age of globalization. International Education Studies, 6 (1), 195-206.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal Citizenship Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Citizenship.
Citizenship has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.Â
Fill out the form and submit via email or fax to the following address:
Siska Diana Sari, S.H M.H
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP, Universitas PGRI MADIUN
Jl. Setia Budi No. 85 Madiun, East Java, Indonesia
Phone/Fax : +62351462986/+62351459400
email : citizenship@unipma.ac.idÂ
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â