Efektifitas pembelajaran PPKn dengan menggunaan LMS Google Classroom di masa pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar Siswa

Authors

  • Nelrizawati Herpratiwi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung
  • Herpratiwi Herpratiwi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung
  • Muhammad Mona Adha Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.25273/citizenship.v10i1.14600

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan LMS Google Classroom dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban pada mata pelajaran PPKn di MAN1 Lampung Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan teknik survey. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket secara online diberikan kepada siswa kelas XII sebanyak 90 orang pada mata pelajaran PPKn semester ganjil 2020. Analisis data dari hasil angket menggunakan rata-rata skor skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan LMS google classroom mampu meningkatkan hasil belajar dengan efektif. Hasil uji t pre test dan post test menunjukkan perbedaan t tabel dengan t hitung sangat signifikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andira, P., dan Bhakti, Y.B. (2020). Keefektifan Virtual Class dengan Google classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah) 4(1), 1-11.

Djamarah, S.b dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Asdy Mahasatya.

Hake, R.R. (1998). Interactive engagement v.s traditional methods: six- thousand student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics. 66(1). 64-74.

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28.

Hidayanta, N. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN. Jurnal Kependidikan, 43 (1). Diakses melalui https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/2248 pada tanggal 13 Oktober 2021.

Kaelan, Ms. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Paradigma: Yogyakarta.

Morgan, H. (2020). Best Practices for Implementing Remote Learning during a Pandemic. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 93(3), 135–141.

Pakpahan, R., dan Fitriani,Y. (2020). Kemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of Informastion System, Applied, Management. Acounting and Research, 4(2). Diakses dari http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181 pada tanggal 13 Oktober 2021.

Rikizaputra dan Sulastri, Hanna. (2020). Pengaruh E-Learning dengan Google Classroom terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa†Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(1).

Siregar, E., dan Nara, H. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 menteri, panduan mengenai pembelajaran pada tahun ajaran baru 2020/2021 dan tahun Akademik 2020/2021 pada masa Pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19).

Uegatani, Y., Nakawa, N., & Kosaka, M. (2021). Changes to Tenth-Grade Japanese Students’ Identities in Mathematics Learning During the COVID-19 Pandemic. IEJME: International Electronic Journal of Mathematics Education, 16(2), 1–20.

Wahyuni, S., dan Syukur, I. (2012). Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandun: PT Refika Aditama.

Downloads

Published

2022-12-08

Issue

Section

Articles