DISKURSUS PENDIDIKAN KRITIS (CRITICAL PEDAGOGY) DALAM KAJIAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
DOI:
https://doi.org/10.25273/citizenship.v5i2.1310Keywords:
Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Kritis.Abstract
Pada abad ke-21 manusia menghadapi berbagai permasalahan dan tantangan global yang semakin kompleks. Pada konteks inilah Pendidikan Kewarganegaraan memiliki peran yang penting dan strategis untuk menyiapkan warga negara muda dalam menghadapi perubahan zaman. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan perlu dikonstruksi secara humanis, kritis, demokratis, dan mengedepankan aspek budi pekerti untuk membangun kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam kehidupan masyarakat demokratis. Dalam konsepsi Giroux, Pendidikan Kewarganegaraan yang dilandasi teori kritis dapat dibangun melalui 3 model rasionalitas yaitu rasionalitas teknis, rasionalitas hermeunetik dan rasionalitas emansipatori. Ketiga bentuk rasionalitas tersebut menekankan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang dikonstruksi melalui metode dialogis dan peran guru sebagai pendidik transformatif sehingga peserta didik dapat berperan sebagai subjek pendidikan yang memiliki otonomi dan kebebasan. Dengan demikian dapat terwujud peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis untuk menjadi warga negara tranformatif yang aktif terlibat dalam kehidupan masyarakat dan menjunjung tinggi persamaan serta keadilan dalam masyarakat demokratis.
Downloads
References
Akbar, Sa’dun. (2016). Optimalisasi Peran Sekolah dalam Membangun Karakter. Makalah Disajikan pada Seminar Nasional Optimalisasi Peran Keluarga dan Sekolah dalam Pembangunan Karakter Anak, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, Malang, 1 September.
Banks, J. A. (2008). Diversity, Goup Identity, and Citizenship Education in A Global Age. Educational Researcher,37 (3), 129-139.
Cogan J.J. (1998). Citizenship Education For The 21st Century: Setting The Context. Dalam J. J. Cogan & R. Derricott (Eds.), Citizenship Education for the 21st Century: An International Perspective on Education. London: Kogan Page.
Giroux, Henry A. (1980). Critical Theory and Rationality in Citizenship Education, Curriculum Inquiry. Amerika Serikat: Boston University.
Hidayat, Rakhmat. (2013). Pedagogi Kritis: Sejarah, Perkembangan dan Pemikiran. Jakarta: Rajawali Pers.
Karim, Muhammad. (2009). Pendidikan Kritis Transformatif. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Kerr, David. (1999). Citizenship Education: An International Comparison. International Review of Curriculum and Assessment Frameworks Paper 4. London: QCA.
McLaren. (2002). Contesting Capital: Critical Pedagogy and Globalism, A Response to Michael Apple. Journal Comparative Education, Columbia University, 1 (2), 27-34.
Mustaghfiroh, Hikmatul. (2014). Hidden Curriculum dalam Pembalajaran PAI. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9 (1), 147-162.
Nuryatno, M. Agus. (2011). Mazhab Pendidikan Kritis. Yogyakarta: Resist Book.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014, tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Print, Murray et al. (1999). Civic Education for Civil Society. London: Asian Academic Press.
Rostitawati, Tita. (2014). Konsep Pendidikan John Dewey. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2 (2), 133-139.
Samsuri. (2011). Pendidikan Karakter Warga Negara: Kritik Pembangunan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia.
Wahab, Abdul Aziz dan Sapriya. (2011). Teori & Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: CV Alfabeta.
Winarno. (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi Strategi dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.
Winataputra, Udin S. & Dasim Budimansyah. (2012). PKn Dalam Perspektif Internasional (Konteks, Teori dan Profil Pembelajaran). Bandung: Widya Aksara Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal Citizenship Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Citizenship.
Citizenship has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.Â
Fill out the form and submit via email or fax to the following address:
Siska Diana Sari, S.H M.H
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP, Universitas PGRI MADIUN
Jl. Setia Budi No. 85 Madiun, East Java, Indonesia
Phone/Fax : +62351462986/+62351459400
email : citizenship@unipma.ac.idÂ
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â