PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN FRIEND GIVING SISWA KELAS IX-A SMP NEGERI 1WONOASRI MADIUN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Sukarsi Sukarsi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran friend giving yang dapat mengoptimalkan minat dan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaranPKn. Penelitian dilaksanakan di kelas IX A SMP Negeri 1 Wonoasri Madiun. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 4 langkah tindakan, yaitu; (1) rencana tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik analisis data yang penulis gunakan adalah menggunakan nilai rata-rata dan prosentase ketuntasan belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai pada setiap siklus. Siklus I dengan nilai rata-rata 69,62 menjadi 79,42 pada siklus 2. Selain itu, metode pembelajaran friend giving menjadikan siswa lebih aktif dan meningkatkan minat mempelajari PKn.

Keywords


prestasi Belajar; Metode Fiend Giving

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 658 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v3i2.1256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Citizenship Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

citizenship indexed by:


   


View My Stats


Creative Commons License
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.