MASYARAKAT MADANI DAN PESANTREN: PERAN PESANTREN DALAM MEMBENTUK SANTRI SEBAGAI AGENT OF CIVIL SOCIETY

Authors

  • Irma Irayanti Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari http://orcid.org/0000-0003-3259-7035
  • Zakky Fahrizi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari
  • Dea Ayu Puspita Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari
  • Indah Rahayu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari
  • Asriati Asriati Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

DOI:

https://doi.org/10.25273/citizenship.v10i1.10489

Keywords:

Agent of Civil Society, Masyarakat Madani, Pesantren, Santri

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap bagaimana Pesantren dalam membentuk santri sebagai agent of civil society yang mengimplementasikan nilai-nilai keislaman yang nasionalis, beradab dan berpengetahuan serta menjadi bagian masyarakat yang dapat menjunjung tinggi norma-norma yang berlaku. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menjelaskan beberapa fenomena yang terjadi di pesantren dalam menyiapkan generasi nasionalis religius sebagai agent of civil society. Metode ini dilakukan dengan wawancara dan observasi lapangan pada pondok pesantren Al-Anbawi dan pondok pesantren Salsabila Al-Muttaqin di Sulawesi Tenggara. Hasil yang ditemukan menunjukkan peran penting Pondok Pesantren dalam membentuk karakter santri  melalui: (1) pemahaman secara komprehensif kepada santri tentang kesetaraan dan pluralitas; (2) sikap toleransi (tasamuh); (3) Santri dibekali konsep demokrasi permusyawaratan sebagai wujud kekeluargaan; (4) peningkatan kualitas santri dengan mengajarkan berbagai lifskill, sehingga diharapkan para santri kelak mendapat peran lebih luas di masyarakat sekaligus sebagai penggerak civil society.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Irma Irayanti, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Irma Irayanti is a lecturer, She has been teaching Pancasila and Citizenship Education at Institut Agama Islam Negeri (IAIN) and Institut Teknologi dan Kesehatan (ITK) Avicenna, Indonesia since 2012. Her research interests include Citizenship Education, Social Education, and Pancasila Studies.

Zakky Fahrizi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Dea Ayu Puspita, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Indah Rahayu, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Asriati Asriati, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

References

Astuti, Ngudi. (2012). Peran Umat Islam dalam Mewujudkan Masyarakat Madani di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 11 (2), 87-99.

Azizy, Ahmad Qodri A. (2003). Melawan globalisasi : reinterpretasi ajaran Islam : persiapan SDM dan terciptanya masyarakat madani. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Gani, A. (2015). Pendidikan Akhlak Mewujudkan Masyarakat Madani. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6 (2), 273-284.

Halim, wahyuddin. (2017). Peran Pesantren dalam Wacana dan Pemberdayaan Masyarakat Madani. Akademika, 22 (2), 191-218.

Izzah, I. (2018). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Masyarakat Madani. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 5(1), 50-68.

Madjid, Nurcholish. Cita-Cita Politik Islam era Reformasi. Jakarta: Paramadina, 1999

Marhaeni, S. S. (2017). Membangun Masyarakat Kota Menuju Masyarakat Madani. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 27-36.

Nasution, Juni Erpida. (2016). Pendidikan Islam dan Pembentukan Masyarakat Madani. Jurnal Madania, 6 (2), 134-160.

Nursalim, Eko. (2016). Pendidikan Islam Menuju Masyarakat Madani di Era Globalisasi (Suatu Ikhtiar Menghadapi Tantangan Masyarakat Ekonomi Asean/ MEA). At-Turats: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 10 (1), 43-51.

Widodo, H. P. (2014). Methodological considerations in interview data transcription. International Journal of Innovation in English Language Teaching and Research, 3(1), 101-107

Downloads

Published

2022-12-08

Issue

Section

Articles