MASYARAKAT MADANI DAN PESANTREN: PERAN PESANTREN DALAM MEMBENTUK SANTRI SEBAGAI AGENT OF CIVIL SOCIETY

Irma Irayanti, Zakky Fahrizi, Dea Ayu Puspita, Indah Rahayu, Asriati Asriati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengungkap bagaimana Pesantren dalam membentuk santri sebagai agent of civil society yang mengimplementasikan nilai-nilai keislaman yang nasionalis, beradab dan berpengetahuan serta menjadi bagian masyarakat yang dapat menjunjung tinggi norma-norma yang berlaku. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menjelaskan beberapa fenomena yang terjadi di pesantren dalam menyiapkan generasi nasionalis religius sebagai agent of civil society. Metode ini dilakukan dengan wawancara dan observasi lapangan pada pondok pesantren Al-Anbawi dan pondok pesantren Salsabila Al-Muttaqin di Sulawesi Tenggara. Hasil yang ditemukan menunjukkan peran penting Pondok Pesantren dalam membentuk karakter santri  melalui: (1) pemahaman secara komprehensif kepada santri tentang kesetaraan dan pluralitas; (2) sikap toleransi (tasamuh); (3) Santri dibekali konsep demokrasi permusyawaratan sebagai wujud kekeluargaan; (4) peningkatan kualitas santri dengan mengajarkan berbagai lifskill, sehingga diharapkan para santri kelak mendapat peran lebih luas di masyarakat sekaligus sebagai penggerak civil society.

Keywords


Agent of Civil Society, Masyarakat Madani, Pesantren, Santri

Full Text:

PDF

References


Astuti, Ngudi. (2012). Peran Umat Islam dalam Mewujudkan Masyarakat Madani di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 11 (2), 87-99.

Azizy, Ahmad Qodri A. (2003). Melawan globalisasi : reinterpretasi ajaran Islam : persiapan SDM dan terciptanya masyarakat madani. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Gani, A. (2015). Pendidikan Akhlak Mewujudkan Masyarakat Madani. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6 (2), 273-284.

Halim, wahyuddin. (2017). Peran Pesantren dalam Wacana dan Pemberdayaan Masyarakat Madani. Akademika, 22 (2), 191-218.

Izzah, I. (2018). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Masyarakat Madani. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 5(1), 50-68.

Madjid, Nurcholish. Cita-Cita Politik Islam era Reformasi. Jakarta: Paramadina, 1999

Marhaeni, S. S. (2017). Membangun Masyarakat Kota Menuju Masyarakat Madani. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 27-36.

Nasution, Juni Erpida. (2016). Pendidikan Islam dan Pembentukan Masyarakat Madani. Jurnal Madania, 6 (2), 134-160.

Nursalim, Eko. (2016). Pendidikan Islam Menuju Masyarakat Madani di Era Globalisasi (Suatu Ikhtiar Menghadapi Tantangan Masyarakat Ekonomi Asean/ MEA). At-Turats: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 10 (1), 43-51.

Widodo, H. P. (2014). Methodological considerations in interview data transcription. International Journal of Innovation in English Language Teaching and Research, 3(1), 101-107


Article Metrics

Abstract has been read : 1053 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v10i1.10489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

citizenship indexed by:


   


View My Stats


Creative Commons License
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.