Peran micro teaching terhadap peningkatan karakter mahasiswa calon guru

Authors

  • Muhammad Arif Al Fikri IAIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.25273/citizenship.v9i1.10032

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran micro teaching program studi PGMI IAIN Salatiga terhadap peningkatan karakter atau kepribadian mahasiswa yang sudah menempuh matakuliah micro teaching. Jenis penelitian ini ex-post facto dengan pendekatan kualitatif. Responden penelitian yaitu mahasiswa program studi PGMI IAIN Salatiga yang sudah menempuh mata kuliah micro teaching dan statusnya masih aktif serta dosen pengampu matakuliah micro teaching di Program Studi PGMI IAIN Salatiga. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan penyajian dokumentasi. Analisis data secara kualitatif melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan micro teaching berperan positif terhadap peningkatan karakter atau kepribadian mahasiswa yang sudah menempuh matakuliah micro teaching. Melalui kegiatan micro teaching, mahasiswa tidak hanya memperoleh pengetahuan dan pengalaman mengenai mengajar, tetapi juga didalamnya peningkatan karakter atau kepribadian. Peningkatan karakter pada mahasiswa melalui micro teaching adalah karakter disiplin, tanggung jawab, kreatif, dan mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Austad, C. A. (1972). Personality correlates of teacher performance in a micro-teachinglaboratory. Journal of Experimental Education, 40(3), 1–4. https://doi.org/10.1080/00220973.1972.11011326

Banga, C. L. A. L. (2014). MICROTEACHING, AN EFFICIENT TECHNIQUE FOR LEARNING EFFECTIVE TEACHING. Scholarly Research Journal for Interdisciplinary Studies, 2(15), 2206–2211.

Boyer, G. L. (2010). Micro-Teaching in Teacher Preparation. The Journal of Business Education, 51(2), 73–75. https://doi.org/10.1080/08832323.1975.10118068

Ghufron, A. (2010). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa Pada Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3), 13–24. https://doi.org/10.21831/cp.v1i3.230

Jamal Ma’mur Asmani. (2010). Pengenalan dan pelaksanaan lengkap micro teaching dan team teaching. Yogyakarta: DIVA Press.

Kilic, A. (2010). LEARNER-CENTERED MICRO TEACHING IN TEACHER EDUCATION. International Journal of Instruction, 3(1), 77–100.

Lickona, T. (1996). Eleven principles of effective character education. Journal of Moral Education, 25(1), 93–100. https://doi.org/10.1080/0305724960250110

Mergler, A. G., & Tangen, D. (2010). Using microteaching to enhance teacher efficacy in pre-service teachers. Teaching Education, 21(2), 199–210. https://doi.org/10.1080/10476210902998466

Methan, A. E. al. (2006). Training Student Teachers in Microteaching. 11(2), 1–10.

Narvaez, D. (2001). Moral text comprehension: Implications for education and research. Journal of Moral Education, 30(1), 43–54. https://doi.org/10.1080/03057240120033802

Saptono. (2011). Dimensi-dimensi pendidikan karakter: wawasan, strategi, dan langkah praktis. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Sılay, N. (2013). A Survey of Values Education and its Connection with Character Education. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 2(3), 131–138. https://doi.org/10.5901/ajis.2013.v2n3p131

Sumiyati, S. (2015). IMPROVING CHARACTER THROUGH COOPERATIVE LEARNING METHOD IN MICROTEACHING CLASS OF FRENCH EDUCATION DEPARTEMENT STUDENTS OF FACULTY OF LANGUAGES AND ARTS OF YOGYAKARTA STATE UNIVERSITY. Diksi, 23(1), 77–83.

Syamsul Kurniawan. (2013). Pendidikan karakter: konsepsi dan implementasinya secara terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi, dan masyarakat. Yogyakarta: ARRUZZ Media.

UU Republik Indonesia No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. , (2012).

Downloads

Published

2021-08-12

Issue

Section

Articles