Persepsi mahasiswa terhadap penilaian teman sejawat secara daring pada mata kuliah pendidikan kewarganegaraan di Universitas Tidar
DOI:
https://doi.org/10.25273/citizenship.v9i1.10001Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap penilaian teman sejawat secara daring pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di Universitas Tidar. Persepsi mahasiswa dibatasi pada lima aspek, antara lain: urgensi, efektivitas, keterbacaan, keterpahaman dan efisiensi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi data pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Tidar yang sedang menempuh matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling yang kemudian prodi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi terpilih menjadi sampel penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner secara daring dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah Model Miles & Huberman yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi yang positif terhadap penilaian sejawat secara daring pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan.
Downloads
References
Kamil, Irfan. (2020). Kilas Balik Pembelajaran Jarak Jauh Akibat Pandemi Covid-19. https://nasional.kompas.com/read/2020/09/03/10063201/kilas-balik-pembelajaran-jarak-jauh-akibat-pandemi-covid-19?page=all, diakses pada 27 Mei 2021.
Martini, dkk. (2013). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Hartimo Media Pustaka.
Natasia, Carol dan Durinta Puspasari. (2020). Pemanfaatan Media E-Learning Moodle Untuk Menunjang Pembelajaran Mahasiswa di Fakultas Manajemen dan Bisnis Universitas Ciputra. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), Vol. 8(1), 169-179. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8238/3914
Noorcahya, Ary Aries. (2020). Penilaian Sikap dan Karakter Sulit Diterapkan saat BDR. https://radarsemarang.jawapos.com/rubrik/untukmu-guruku/2020/11/14/penilaian-sikap-dan-karakter-sulit-diterapkan-saat-bdr/
Syahrul. (2015). Analisis Konsistensi dan Validitas Asesmen Teman Sejawat oleh Mahasiswa dan Asesmen Unjuk Kerja oleh Dosen dalam Pembelajaran Praktikum pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 2(1), 73-87. https://ojs.unm.ac.id/mkpk/article/download/2582/132
Turrahma, Annisa, dkk. (2017). Pemanfaatan e-learing Berbasis LCMS Moodle dalam Peningkatan Efisiensi dan Efektivitas serta Kualitas Media Pembelajaran Siswa di MAN Sakatiga. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, Vol. 6(3), 327-332.
Wijayanti, Anita. (2017). Efektivitas SelfAssessment dan Peer Assessment dalam Pembentukan Karakter Siswa. Realita, Vol. 15(2), 1-14. https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/realita/article/viewFile/482/311
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal Citizenship Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Citizenship.
Citizenship has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.Â
Fill out the form and submit via email or fax to the following address:
Siska Diana Sari, S.H M.H
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP, Universitas PGRI MADIUN
Jl. Setia Budi No. 85 Madiun, East Java, Indonesia
Phone/Fax : +62351462986/+62351459400
email : citizenship@unipma.ac.idÂ
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â