Persepsi mahasiswa terhadap penilaian teman sejawat secara daring pada mata kuliah pendidikan kewarganegaraan di Universitas Tidar

Authors

  • N Novitasari Universitas Tidar
  • Sukron Mazid Universitas Tidar
  • Achmad Busrotun Nufus Universitas Tidar
  • Y Yasnanto Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.25273/citizenship.v9i1.10001

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap penilaian teman sejawat secara daring pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di Universitas Tidar. Persepsi mahasiswa dibatasi pada lima aspek, antara lain: urgensi, efektivitas, keterbacaan, keterpahaman dan efisiensi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi data pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Tidar yang sedang menempuh matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling yang kemudian prodi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi terpilih menjadi sampel penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner secara daring dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah Model Miles & Huberman yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi yang positif terhadap penilaian sejawat secara daring pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kamil, Irfan. (2020). Kilas Balik Pembelajaran Jarak Jauh Akibat Pandemi Covid-19. https://nasional.kompas.com/read/2020/09/03/10063201/kilas-balik-pembelajaran-jarak-jauh-akibat-pandemi-covid-19?page=all, diakses pada 27 Mei 2021.

Martini, dkk. (2013). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Hartimo Media Pustaka.

Natasia, Carol dan Durinta Puspasari. (2020). Pemanfaatan Media E-Learning Moodle Untuk Menunjang Pembelajaran Mahasiswa di Fakultas Manajemen dan Bisnis Universitas Ciputra. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), Vol. 8(1), 169-179. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8238/3914

Noorcahya, Ary Aries. (2020). Penilaian Sikap dan Karakter Sulit Diterapkan saat BDR. https://radarsemarang.jawapos.com/rubrik/untukmu-guruku/2020/11/14/penilaian-sikap-dan-karakter-sulit-diterapkan-saat-bdr/

Syahrul. (2015). Analisis Konsistensi dan Validitas Asesmen Teman Sejawat oleh Mahasiswa dan Asesmen Unjuk Kerja oleh Dosen dalam Pembelajaran Praktikum pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 2(1), 73-87. https://ojs.unm.ac.id/mkpk/article/download/2582/132

Turrahma, Annisa, dkk. (2017). Pemanfaatan e-learing Berbasis LCMS Moodle dalam Peningkatan Efisiensi dan Efektivitas serta Kualitas Media Pembelajaran Siswa di MAN Sakatiga. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, Vol. 6(3), 327-332.

Wijayanti, Anita. (2017). Efektivitas SelfAssessment dan Peer Assessment dalam Pembentukan Karakter Siswa. Realita, Vol. 15(2), 1-14. https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/realita/article/viewFile/482/311

Downloads

Published

2021-08-12

Issue

Section

Articles