https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/capital/issue/feedCAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen2025-03-05T10:48:40+07:00HENDRA SETIAWANhendrasetiawan@unipma.ac.idOpen Journal Systems<p><span style="color: #000000; font-family: Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif; font-size: 10px; font-style: normal; font-variant-ligatures: normal; font-variant-caps: normal; font-weight: 400; letter-spacing: normal; orphans: 2; text-align: start; text-indent: 0px; text-transform: none; white-space: normal; widows: 2; word-spacing: 0px; -webkit-text-stroke-width: 0px; background-color: #ffffff; text-decoration-style: initial; text-decoration-color: initial; display: inline !important; float: none;">Capital: Jurnal Ekonomi dan Manajemen published by Universitas PGRI Madiun with regitered number ISSN: </span><a style="font-family: Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif; font-size: 10px; font-style: normal; font-variant-ligatures: normal; font-variant-caps: normal; font-weight: 400; letter-spacing: normal; orphans: 2; text-align: start; text-indent: 0px; text-transform: none; white-space: normal; widows: 2; word-spacing: 0px; -webkit-text-stroke-width: 0px;" href="http://u.lipi.go.id/1501558804">2598-9022 (Print)</a><span style="color: #000000; font-family: Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif; font-size: 10px; font-style: normal; font-variant-ligatures: normal; font-variant-caps: normal; font-weight: 400; letter-spacing: normal; orphans: 2; text-align: start; text-indent: 0px; text-transform: none; white-space: normal; widows: 2; word-spacing: 0px; -webkit-text-stroke-width: 0px; background-color: #ffffff; text-decoration-style: initial; text-decoration-color: initial; display: inline !important; float: none;"> and </span><a style="font-family: Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif; font-size: 10px; font-style: normal; font-variant-ligatures: normal; font-variant-caps: normal; font-weight: 400; letter-spacing: normal; orphans: 2; text-align: start; text-indent: 0px; text-transform: none; white-space: normal; widows: 2; word-spacing: 0px; -webkit-text-stroke-width: 0px;" href="http://u.lipi.go.id/1507515328">2598-9618 (Online)</a><span style="color: #000000; font-family: Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif; font-size: 10px; font-style: normal; font-variant-ligatures: normal; font-variant-caps: normal; font-weight: 400; letter-spacing: normal; orphans: 2; text-align: start; text-indent: 0px; text-transform: none; white-space: normal; widows: 2; word-spacing: 0px; -webkit-text-stroke-width: 0px; background-color: #ffffff; text-decoration-style: initial; text-decoration-color: initial; display: inline !important; float: none;">, which published twice a year on September and March. Various topics of Business and Management articles that can be accepted in this journal are:</span></p> <ul style="color: #000000; font-family: Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif; font-size: 10px; font-style: normal; font-variant-ligatures: normal; font-variant-caps: normal; font-weight: 400; letter-spacing: normal; orphans: 2; text-align: start; text-indent: 0px; text-transform: none; white-space: normal; widows: 2; word-spacing: 0px; -webkit-text-stroke-width: 0px; text-decoration-style: initial; text-decoration-color: initial;"> <li>Finance Management</li> <li>Human Resource Management</li> <li>Marketing Management</li> <li>Operational Management</li> </ul> <p>Capital Journal from Vol 5 No 1 increases to <strong>SINTA 4</strong>.</p> <p><input id="ext" type="hidden" value="1" /><input id="ext" type="hidden" value="1" /><input id="ext" type="hidden" value="1" /><input id="ext" type="hidden" value="1" /><input id="ext" type="hidden" value="1" /><input id="ext" type="hidden" value="1" /><input id="ext" type="hidden" value="1" /></p>https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/capital/article/view/21308BLUE OCEAN STRATEGY: PENGEMBANGAN ORGANISASI KEAGAMAAN DENGAN PENDEKATAN KANVAS MODEL BISNIS2024-12-10T13:48:48+07:00Aprilla Suriesto Madaunapril@usd.ac.id<p>Perkembangan adalah ciri organisasi yang baik. Salah satu organisasi yang menarik untuk diteliti ketika berbicara mengenai pengembangan adalah seminari atau tempat pembinaan calon pemimpin organisasi keagamaan Katolik. Dalam rangka menemukan jawaban terkait dengan pengembangan metode pembinaan di seminari, peneliti melakukan penelitian di salah satu seminari di Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan metode pembinaan calon pemimpim organisasi keagamaan Katolik yang tepat. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, peneliti pertama-tama membuat pemetaan metode pembinaan saat ini berdasarkan adaptasi Kanvas Model Bisnis (KMB). Kemudian, peneliti memberikan alternatif metode pembinaan yang telah dikembangkan berdasarkan <em>Blue Ocean Strategy. </em>Data dikumpulkan melalui <em>Focus Group Discussion</em>. Peneliti mengumpulkan data dari 2 (dua) imam dan 13 (tiga belas) calon pemimpin organisasi keagamaan Katolik. Data penelitian yang diperoleh dikelompokkan berdasarkan blok dalam KMB lalu dianalisis guna merekomendasi metode pengembangan organisasi yang tepat dan lengkap. Peneliti menemukan bahwa metode pembinaan dapat terpetakan ke dalam sembilan (9) blok KMB. Metode pembinaan tersebut dapat dikembangkan dengan <em>Blue Ocean Strategy, </em>yakni dengan menghilangkan, mengurangi, meningkatkan, atau menciptakan hal-hal yang membentuk metode pembinaan baru.</p>2025-03-01T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemenhttps://e-journal.unipma.ac.id/index.php/capital/article/view/21365REMINDER IMPULSE BUYING PADA GAME ONLINE “THE ANTS UNDERGROUND KINGDOM”2024-12-08T17:33:17+07:00Eka Adiputraekaadiputra.stiecendekia@gmail.comAri Kuntardinagathfanfaris@gmail.comWaghfirotul Afkargathfanfaris@gmail.comNik Amahnikamah@unipma.ac.id<p><em>Impulse buying triggered by reminders can happen to game players. This is influenced by several factors such as hedonic shopping motivation and availability of money. This research aims to determine whether there is an influence between hedonic shopping motivation and availability of money on impulse buying reminders in the online game The Ants Underground Kingdom with research objects in the IDE (Indonesia Eksplore) community. Quantitative research using saturated sampling techniques, namely using all members of the community as samples. Data was collected through a questionnaire given to 70 members of the IDE community. Data analysis using multiple linear regression. The analysis shows that hedonic shopping motivation has a significant effect on impulse buying reminders. Meanwhile, availability of money has an insignificant influence on impulse buying reminders. In conclusion, players who have hedonic shopping tendencies will tend to carry out impulse buying which is triggered by reminders. Whether or not funds are available can trigger impulse buying reminders. This can be caused by the player's level of addiction to the game.</em></p>2025-03-01T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemenhttps://e-journal.unipma.ac.id/index.php/capital/article/view/20019ANALYSIS OF THE EFFECT OF LABOUR AND EDUCATION LEVELS ON ECONOMIC GROWTH IN NORTH LUWU REGENCY2024-08-12T10:02:40+07:00Hartini Hartinihartinitini2002@gmail.comMuh Yusuf Qamaruddinmyusuf@umpalopo.ac.idMuhammad Hadis Badewimuhamadhadisbadewi@gmail.com<p><em>This study aims to determine: (1) The Effect of Labour on Economic Growth in North Luwu Regency. (2) The Effect of Education Level on Economic Growth in North Luwu Regency. (3) The effect of labour and education level together on economic growth in North Luwu Regency. This type of research is quantitative. The type of data is secondary data. This study uses time series data issued by the Central Bureau of Statistics (BPS) of North Luwu Regency at constant 2010 prices, the data collected for the last 8 years. The data analysis method used in this research is Multiple Linear Regression. The results of this study indicate that: (1) Labour has a negative and significant effect on Economic Growth in North Luwu Regency. (2) Education level has a positive and significant effect on economic growth in North Luwu Regency. (3) Labour force and education level together affect economic growth in North Luwu Regency.</em></p>2025-03-01T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemenhttps://e-journal.unipma.ac.id/index.php/capital/article/view/21519GENDER APPROACH IN THE ANALYSIS OF EMPLOYEE LOYALTY DETERMINANTS AT PRAMANA EXPERIENCE HOTELS & RESORTS IN BALI2024-12-18T13:12:34+07:00Ni Made Yuami Damayantiyuamidamayanti@gmail.comPutu Yudy Wijayayudywijaya333@unhi.ac.idI Komang Gedekomanggede187@unhi.ac.id<p><em>The aim of this research is to investigate the impact of Gender Approach in the Determination of Employee Loyalty at the Pramana Experience Hotels & Resorts in Bali. Gender is measured using dummy variables. This study also identifies the role of Gender as a moderating variable in the relationship between workplace spirituality, work-family conflict, and subjective wellbeing on Employee Loyalty. The analysis method used is PLS-SEM. Data were collected through an online Google Form questionnaire, with a total of 131 female employee respondents. The results reveal that only workplace spirituality and work-family conflict have a significant impact on subjective well-being. Workplace spirituality, work-family conflict, and subjective well-being significantly affect employee loyalty. Furthermore, evidence was found that gender statistically does not have an impact on Employee Loyalty. The indirect relationship testing reveals that subjective well-being is able to mediate the relationship between workplace spirituality and work-family conflict on employee loyalty. Based on these findings, it is concluded that gender status does not have a significant impact on employee loyalty.</em></p>2025-03-01T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemenhttps://e-journal.unipma.ac.id/index.php/capital/article/view/20797PENGARUH KOMPETENSI, KOMPENSASI, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT. SUMMIT OTO FINANCE NGAWI2024-08-08T09:14:16+07:00Tiyan Reky Krisdayantorekykrisdayanto09@gmail.comCiptia Khoirulina Sanawaticiptia@iaingawi.ac.id<p>Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh kompetensi, kompensasi, dan kecerdasan emosional pada kinerja karyawan di PT. Summit OTO Finance Ngawi. Metode yang diterapkan pada penelitian ini ialah metode kuantitatif. Sumber data yang diterapkan pada penelitian ini ialah data primer. Teknik yang diterapkan pada penelitian ini ialah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan yakni variabel kompetensi dan kompensasi memberi pengaruh secara signifikan pada kinerja karyawan sedangkan variabel kecerdasan emosional tidak memberi pengaruh secara signifikan pada kinerja karyawan. Berdasarkan hasil uji koefisien determinan memperlihatkan kinerja karyawan secara bersamaan terpengaruh dari kompetensi, kompensasi, dan kinerja emosional sejumlah 88% dan sisanya sejumlah 12% terpengaruh dari faktor lainnya yang tidak diuraikan pada penelitian ini.</p>2025-03-01T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemenhttps://e-journal.unipma.ac.id/index.php/capital/article/view/21418ANALISIS PERBANDINGAN RASIO PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS BANK DIGITAL (STUDI EMPIRIS PADA BANK JAGO DAN SEABANK)2025-01-15T10:08:22+07:00Ambardiambardi64@gmail.comGresita Resta Sambardi64@gmail.comAam Aminahambardi64@gmail.comRizky Maulana Pribadiambardi64@gmail.comAdi Rizfal Efriadiambardi64@gmail.com<p>Teknologi yang semakin berkembang pesat menuntut industri perbankan untuk beradaptasi. Layanan Bank Digital dalam bentuk aplikasi sangat memudahkan masyarakat dalam bertransaksi karena dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan 5 variabel yaitu rasio Return On Assets, Net Interest Margin, Non Performing Loans, Loan to Deposit Ratio, dan Operational Expenses Operational Income antara Bank Jago dan Seabank. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode dokumentasi dan menggunakan uji Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis masing-masing rasio ditemukan 4 jenis rasio yaitu ROA, NIM, NPL dan BOPO, menerima hipotesis nol (H0) yaitu tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara Bank Jago dengan Seabank dimana nilai rasio ROA sebesar 0,664, rasio NIM sebesar 0,339, rasio NPL sebesar 0,175 dan rasio BOPO sebesar 0,866 terhadap keempat rasio tersebut > 0,05 sedangkan LDR menolak hipotesis nol (H0) yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara Bank Jago dengan Seabank dimana nilai rasio LDR sebesar 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa antara Bank Jago dengan Seabank dari segi pengelolaan laba dan kegiatan operasional adalah sama atau tidak terdapat perbedaan, namun dari segi penyaluran kredit sumber likuiditasnya berbeda. Bank Jago dan Seabank yang merupakan dua bank digital dapat mempertahankan eksistensinya dan melakukan berbagai upaya inovatif untuk meningkatkan labanya.</p>2025-03-01T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/capital/article/view/21360PENINGKATAN CREATIVITY ENTREPRENEURSHIP MELALUI PROGRAM WIRAUSAHA MERDEKA (WMK) DI INDONESIA: STUDI LITERATUR2024-12-08T17:39:40+07:00Lu'lu'ul Jannahluluuljannah@uny.ac.idWilla Putri Malinda Buchoriwillaputri@uny.ac.idSyahida Norvianasyahida.norviana@uny.ac.idSepti ningdyah Arianisariseptiningdyaharianisari@uny.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk meneliti penelitian-penelitian mengenai topik Progam Wirausaha Merdeka (WMK) di Indonesia kaitannya dengan peningkatan creativity entrepreneurship. Penelitian ini memiliki data 51 artikel yang dianalisis. Keyword yang digunakan adalah “Program Wirausaha Merdeka”. Artikel yang dianalisis adalah artikel yang sudah dipublikasikan tahun 2020-2024. Peningkatan creativity entrepreneurship dapat dilihat dari hasil Program Wirausaha Merdeka (WMK). Banyak produk-produk yang dihasilkan dari kolaborasi kegiatan ini. Kegiatan ini bermanfaat bagi mahasiswa maupun perguruan tinggi dan pemerintah karena wirausaha pemula dapat tercipta.</p>2025-03-01T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemenhttps://e-journal.unipma.ac.id/index.php/capital/article/view/21765DIGITAL FINANCIAL KNOWLEDGE, FINANCIAL BEHAVIOUR PADA CONSUMPTIVE BEHAVIOUR MAHASISWA GEN Z FEB UNIPA SURABAYA2025-01-13T10:11:08+07:00Dicky Surya Putra Pradanadicky.surya@unipasby.ac.idMartha Suhardiyahmartha@unipasby.ac.idSoffi Pudji Estiasihsestiasih@unipasby.ac.idSilvia Nur Pratama Putrisilvianurr33@gmail.comNabilah Alfin Nisanabilaalfinnisa@gmail.com<table width="851"> <tbody> <tr> <td width="851"> <p><strong> </strong></p> <p><strong>Abstrak: </strong>Di era serba digital pengetahuan keuangan digital sangat diperlukan oleh para pengguna untuk mempercepat tercapainya tujuan transaksi, dan meminalkan kesalahan. Pengetahuan keuangan digital (<em>digital financial knowlage</em>) merupakan kemampuan untuk memahami dan menggunakan alat-alat digital serta <em>platform </em>elektronik untuk mengelola keuangan pribadi dengan bijak. Ini mencakup penggunaan aplikasi keuangan, hingga memahami risiko dan keamanan dalam transaksi digital.<em> Financial </em><em>behavior</em> merupakan sebuah perilaku untuk mengelola dan menggunakan keuangan yang dimiliki untuk mencapai tujuan dari penggunaan keuangan sehingga terhindar dari risiko keuangan terkait dengan penghasilan dan penilaian keuangan. tujuan penelitian ini untuk menganalisis apakah Pengetahuan keuangan digital dan <em>Financial </em><em>behaviour </em>merupakan variabel yang mempengaruhi Perilaku Konsumtif <a href="https://scholar.google.co.id/scholar?q=perilaku+konsumtif+(consumptive+behavior)+adalah&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart">(<em>Consumptive Behavior</em>)</a> bagi Mahasiswa Gen Z FEB UNIPA Surabaya<strong>. </strong>Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FEB (Prodi akuntansi dan Prodi Manajemen) dan sampel yang dipergunakan sejumlah 150 mahasiswa., hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>Financial Knowledge</em> mempunyai pengaruh signifikan atas <em>Consumption Behavior, Financial Behavior</em> mempunyai pengaruh positif atas <em>Consumption Behavior , secara stimultan Digital</em> <em> Financial Knowledge </em>dan<em> Financial behaviour</em> mampu mempengaruhi <em>Consumption Behavior </em>Mahasiswa Gen Z FEB Unipa Surabaya</p> </td> </tr> <tr> <td width="851"> <p> </p> </td> </tr> </tbody> </table>2025-03-01T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemenhttps://e-journal.unipma.ac.id/index.php/capital/article/view/21922PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, IKLIM KERJA TERHADAP KINERJA GURU ISLAMIC INTERNATIONAL SCHOOL PSM MAGETAN MELALUI KOMITMEN AFEKTIF SEBAGAI VARIABEL INTERVENING2025-02-05T20:02:41+07:00Wahyu Ika Rachmawatiwikadesk23@gmail.comWidi Dewi Ruspitasariwididewi@asia.ac.idTeguh Widodowikadesk23@gmail.com<p>Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada guru di Islamic international School PSM Magetan di kota Magetan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru Islamic International School dari jenjang KB sampai dengan SMA pada tahun ajaran 2024-2025. Sampel penelitian berjumlah 64 orang responden dengan teknik <em>purposive sampling.</em> Pengumpulan data primer dengan menggunakan skala likert dengan analisis data menggunakan analisis <em>Structural Equation Model (SEM)</em> yang dioperasikan melalui program Partial Least Square (PLS) dengan software SmartPLS 3.0. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh budaya organisasi dan iklim secara langsung terhadap kinerja guru dan komitmen afektif, mengetahui dan menganalisa pengaruh budaya organisasi dan iklim secara tidak langsung terhadap kinerja guru dengan mediasi komitmen afektif<em>. </em>Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat pengaruh budaya organisasi secara langsung terhadap komitmen afektif guru 2) terdapat pengaruh iklim kerja secara langsung terhadap komitmen afektif guru3) pengaruh komitmen afektif secara langsung terhadap kinerja guru 4) tidak terdapat pengaruh budaya organisasi secara langsung terhadap kinerja guru 5) terdapat pengaruh iklim kerja secara langsung terhadap kinerja guru 6) terdapat pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru melalui Komitmen Afektif sebagai variable <em>intervening</em> 7) tidak terdapat pengaruh iklim kerja terhadap kinerja guru melalui Komitmen Afektif.</p>2025-03-01T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemenhttps://e-journal.unipma.ac.id/index.php/capital/article/view/21191DETERMINAN MINAT BELI PADA UMKM KULINER MELALUI INFLUENCER MARKETING DAN CONTENT MARKETING2024-11-30T06:21:50+07:00Saharuddin Saharuddinsaharuddin.amkop@gmail.comYusrab Ardianto Sabbanyusrabardianto@gmail.comMuhammad Fachmimuhammadfachmi@unesa.ac.idPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh <em>Influencer Marketing</em> dan <em>Content Marketing</em> terhadap minat beli konsumen pada UMKM kuliner, serta peran mediasi <em>Brand Awareness</em> dalam hubungan antara <em>Influencer Marketing</em> dan <em>Content Marketing</em> terhadap minat beli konsumen. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan lokasi penelitian di Provinsi Sulawesi Selatan. Populasi yang diteliti adalah konsumen UMKM kuliner di tiga wilayah yang merepresentasikan UMKM kuliner, yakni Kota Makassar, Kabupaten Maros, dan Kota Pare-Pare. Sampel penelitian terdiri dari 180 responden yang dipilih menggunakan teknik <em>purposive sampling</em>. Analisis data dilakukan menggunakan <em>Path Analysis</em> serta uji Sobel untuk menguji efek mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>Influencer Marketing</em> dan <em>Content Marketing</em> secara positif dan signifikan mempengaruhi <em>Brand Awareness</em>. Selain itu, <em>Influencer Marketing</em>, <em>Content Marketing</em>, dan <em>Brand Awareness</em> juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Temuan ini mengonfirmasi bahwa <em>Brand Awareness</em> memediasi pengaruh <em>Influencer Marketing</em> dan <em>Content Marketing</em> terhadap minat beli konsumen secara positif dan signifikan pada UMKM kuliner di Provinsi Sulawesi Selatan. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital, seperti <em>Influencer Marketing</em> dan <em>Content Marketing</em>, efektif dalam meningkatkan minat beli konsumen melalui peningkatan <em>Brand Awareness.</em>2025-03-01T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemenhttps://e-journal.unipma.ac.id/index.php/capital/article/view/21473ANALISIS VISUAL DALAM BRAND EQUITY PADA IKLAN UNIQLO “LIVE LIFE IN FLANNEL”2024-12-24T16:35:09+07:00Hironimus Hari Kurniawanhari.kurniawan@asia.ac.idNicholaus Wayong Kabelenwayong@asia.ac.id<p>This study analyzes Uniqlo's Live Life in Flannel advertisement using a semiotic approach to understand the visual and audio symbols employed and their impact on Uniqlo’s brand equity. This qualitative research utilizes video advertisement analysis to identify key elements such as color, visual narration, and audio composition that build a positive perception of Uniqlo's flannel products. The study also includes interviews with consumers who interact with Uniqlo's flannel products at its Surabaya store to gain further insights into their perceptions of product quality and brand image.The analysis results show that the Live Life in Flannel advertisement successfully creates strong associations between Uniqlo’s flannel products and symbols of friendship, comfort, and confidence. These symbols effectively shape brand awareness and brand associations in consumers' minds, reinforcing the perceived quality of Uniqlo's flannel products. Thus, this study highlights the importance of semiotic analysis in understanding the role of visual and audio elements in strengthening brand image and provides insights into how Uniqlo can leverage visual strategies to enhance its brand equity in a competitive market</p>2025-03-01T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemenhttps://e-journal.unipma.ac.id/index.php/capital/article/view/21995OWNERSHIP STRUCTURE AND CORPORATE GOVERNANCE ON INVESTMENT EFFICIENCY2025-02-22T15:22:01+07:00Ririh Anggraini Setyahetyririh@unipma.ac.id<p>The purpose of this study was to analyze the effect of ownership structure and governance on investment efficiency in mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2016-2023. The sampling technique used purposive sampling as many as 17 companies. The method used is a quantitative method with a panel data regression analysis tool with Fixed Effect Model and Random Effect Model approach. Based on the results of the study, it show that ownership concentration has a significant positive effect on investment efficiency, while managerial ownership and independent board of commissioners have no effect on investment efficiency.</p> <p><em>Keywords: Concentrated Ownership; Corporate Governance; Independent Board of Commissioners; Investment Efficiency; Managerial Ownership; Ownership Structure</em></p>2025-03-01T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen