Peranan Digital Marketing Efektif untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Jamu Bu Bibit di Era Digital

Syaharani Aisyah, Daniar Yuntari Oktavia, Ine Putri Selziana, Dwiki Lathifu Mughni, Indriyana Dwi Mustikarini

Abstract


Digital marketing merupakan suatu perkembangan teknologi yang tidak dapat dielakkan lagi dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi saat ini. Oleh karena itu, perlu diberikan pelatihan dan pendampingan digitalisasi guna meningkatkan daya saing di era digital. Kegiatan ini bertujuan untuk menganalisis peran digital marketing dalam meningkatkan daya saing UMKM Jamu Bu Bibit, mengembangkan strategi digital marketing yang efektif untuk UMKM Jamu Bu Bibit. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing memiliki peran penting dalam meningkatkan daya saing UMKM Jamu Bu Bibit

Keywords


Digital Marketing; UMKM; Daya Saing

Full Text:

PDF

References


Arumsari, N., Lailyah, B & Rahayu, T. (2021). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Tkmologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat), 11 (1), 92

Hamzah, R., Citra, D & Putri, E. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing oleh Pelaku UMKM di Kuningan Barat, Jakarta Selatan, Jurnal Pustaka Abdimas, 1 (1), 12

Harahap, H., Dewi, N & Ningrum, E. (2021). Pemanfaatan Digital Markrting Bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Social: Jurnal Of Community Service in Humanities and Social Science, 3 (2), 77

Justita, A., Werdiningsih, I & Efendy, F et al. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing bagi UMKM Jasa Laundry menuju UMKM Go Digital. Jurnal Pengabdian masyarakat, 2 (2), 60-70

Muhardono, A & Satrio, D. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Di Desa Kertoharjo Kelurahan Kuripan Kertoharjo. E-Arnal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (3), 359-368

Rachmawati, D., Ramadhani, N & Komarullah Aulia et al. (2021). Sosialisasi Peranan Digital Marketing Bagi UMKM Di Desa Ujung Genteng Socialization Of The Rule Of Digital Marketing For UMKM In Ujung Genteng Village. PROCEDINGS UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1 (29), 90-104


Article Metrics

Abstract has been read : 44 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/bppm.v3i1.19340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Syaharani Aisyah, Daniar Yuntari Oktavia, Ine Putri Selziana, Dwiki Lathifu Mughni, Indriyana Dwi Mustikarini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BPPM Stats

Office:
Program Studi Hukum, Fakultas Hukum, Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : hukum@unipma.ac.id