Sosialisasi Tentang Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) Dan Pengurusan Sertifikat Halal Pada UMKM Di Desa Ngujung Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan

Anik Tri Haryani, Sigit Sapto Nugroho, Taufiq Yuli Purnama

Abstract


Pengabdian masyarakat memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya perizinan PIRT Dan sertifikasi halal pada produk UMKM di Desa Ngujung, Kecamatan Maospati, Kabupaten. Sosialisasi tentang perizinan PIRT dan sertifikasi halal Di Desa Ngujung diadakan pada tanggal 19 Desember 2023. Pelaksanaan Pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan metode ceramah, tutorial, dan diskusi dalam hal ini peningkatan pemahaman peserta tentang manfaat mengurus PIRT dan sertifikat halal, persyaratan dan prosedur mengurus PIRT, sertifikat halal, Adapun indikator keberhasilan materiĀ  yaitu peningkatan pemahaman peserta tentang manfaat sertifikasi halal, prosedur sertifikasi halal, dan kewajiban yang harus dilakukan setelah tersertifikasi halal. Hasil dari program pengabdian masyarakat ini adalah memahami pentingnya perizinan PIRT dan sertifikasi halal, dan termotivasi untuk melanjutkannya, memahami prosedur perizinan PIRT, dan memahami prosedur sertifikasi halal. dengan demikian, minat beli konsumen dan kepercayaan konsumen diharapkan meningkat dengan adanya nomor PIRT dan label halal. Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk dan kesejahteraan masyarakat di desa Ngujung, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan

Keywords


UMKM, Pangan Industri Rumah Tangga, Sertifikat Halal

Full Text:

PDF

References


Buku

Burhanuddin, S. (2011) Pemikiran hukum perlindungan konsumen dan sertifikasi halal. UIN-Maliki Press, Malang

Hasan, S. 2014. Sertifikasi Halal Dalam Hukum Positif (Regulasi Dan Implementasi Di Indonesia). Aswaja Pressindo. Yogyakarta.

Jurnal

Astuti, D., Bakhri, B. S., Zulfa, M., & Wahyuni, S. (2020). Sosialisasi Standarisasi dan Sertifikasi Produk Halal di Kota Pekanbaru UMKM Area Masjid Agung An-Nur Provinsi Riau. Berdaya : Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 23-32.

Kurniawan, D. T., Anugrahani, I. S., Prasasti, A., & Fitri, R. (2020). Pelatihan dan Pendampingan UMKM di Desa Gajahrejo dalam Pembuatan Desain Kemasan Inovatif Oleh-Oleh Khas Malang Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk. VIVABIO: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(1), 22-29.

Majdi, M. Z., Rizkiwati, B. Y., & Wirasasmita, R. H. (2020). Penguatan Nilai Produk Home Industry Menuju Kesejahteraan Masyarakat Desa Suradadi, Terara, Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Pada Masyarak, 5(2), 587-595.

Priyandoko, G., Rofii, F., & Sujianto, A. T. (2020). Program Kemitraan Masyarakat Universitas Widyagama Malang Pada Usaha Peningkatan Industri Rumah Tangga Keripik Tempe Pemula. JAST: Jurnal Aplikasi Sains dan Teknologi, 4(1), 61-67.

Rochani, A. (2017). Strategi Pengembangan Industri Kreatif Dalam Mewujudkan Kota Cerdas.

Inovasi Dalam Pengembangan, 81-93.

Undang-undang

Undang- Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal

PERPU Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja.


Article Metrics

Abstract has been read : 106 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/bppm.v2i2.19100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anik Tri Haryani, Sigit Sapto Nugroho, Taufiq Yuli Purnama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BPPM Stats

Office:
Program Studi Hukum, Fakultas Hukum, Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : hukum@unipma.ac.id