Teknik Penulisan dan Publikasi Ilmiah dalam Rangka Pengembangan Profesi Berkelanjutan PGRI Kota Madiun

Authors

  • Agung Nasrulloh Saputro Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/bppm.v1i1.14623

Keywords:

Penulisan, Publikasi, Penelitian

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan latihan bagi KKG mitra yang belum berpengalaman dalam menulis artikel ilmiah di jurnal nasional. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Kota Madiun  selama 3 hari, dengan materi tentang Penelitian Tindakan Kelas. Hasil pengabdian ini KKG dapat menyusun dan memperbaiki kerangka artikel yang mereka punya setelah dibekali dengan pengetahuan teknis maupun teoretis mengenai cara menulis artikel untuk diterbitkan di jurnal nasional. Hasil pengembangan tulisan peserta dikirim ke email para penyaji untuk dikonsultasikan kembali sebelum peserta mengirimnya ke jurnal tujuan. Rekomendasi kegiatan ini perlu ada kelanjutan program serupa di Magetan karena berdasarkan informasi dari peserta, masih banyak para pendidik yang belum berkesempatan mendapatkan pelatihan menulis artikel ilmiah di daerah Kota Madiun, serta perlu tambahan waktu untuk bimbingan secara lebih intensif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. Menjadi Guru Profesional (Isu Dan Tantangan Masa Depan). Edutech, 2013; 1(3): 132-155.

Farhana, H., Awiria., & Muttaqien, N. Penelitian Tindakan Kelas. Serang: HC Publisher. 2019.

Dharma, S. Tantangan Guru Abad XXI: Menggenjot Mutu PTK Dikmen. Media Informasi dan Komunikasi PTK Pendidikan Menengah: PTK Dikmen. 2012.

Djamarah, S.B. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta. 2000.

Hoesny, M.U & Darmayanti, R. Permasalahan dan Solusi Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2021; 11 (2): 123-132.

Kirom, S. Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Verbal Linguistik. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing. 2019; 2(2): 204-226.

Mawardi. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan Memenuhi Kewajiban Jam Mengajar, Kebijakan Dilematis? Scholaria, 2012; 2(1): 91-115.

Noorjannah, L. Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional Di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 2014; 10(1): 97-114.

Susatya, E. Pengembangan Model Pelatihan Guru Sekolah Menengah Kejuruan Kelompok Seni dan Budaya. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2013; 19(1): 14-31.

Obaid, M.Y. Religiusitas Lembaga Pendidikan Yang Berwawasan Lingkungan. Jurnal Al-Ta’dib, 2018; 6(1): 137-149.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles