Urgensi Reformasi Hukum Acara Perdata Indonesia

Aurora Meliala, Anis Rifai

Abstract


Hukum acara perdata yang saat ini digunakan sudah tidak sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat, sehingga sudah tidak dapat menampung berbagai perkembangan hukum yang terus berkembang. Dari hasil penelaahan awal, dapat diidentifikasi setidaknya tiga hal penting yang harus menjadi perhatian kita semua yaitu mengenai kemudahan berusaha, access to justice, dan dimensi transnasional yang seluruhnya saling mempunyai independensi. Dari tiga elemen tersebut, setidaknya terdapat komponen pengaturan lebih spesifik yang teridentifikasi yaitu mengenai gugatan sederhana (small claim court); alternatif penyelesaian sengketa atau ADR; pengadilan elektronik dan ODR; gugatan perwakilan; penggabungan perkara perdata; kedudukan dan keberlakukan putusan asing di Indonesia; dan akses terhadap keadilan bagi masyarakat rentan dan marjinal, khususnya penyandang disabilitas dan yang bertempat tinggal di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Keywords


RUU HAPER; Hukum; Acara Perdata

Full Text:

PDF

References


Diskusi Publik, “Mendorong Reformasi Hukum Acara Perdata yang Berdimensi Kemudahan, Kekinian, dan Inklusif”, ILUNI FHUI : Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Depok, tanggal 16 Juni 2022.

Prianter Jaya Hairi, Urgensi Pembentukan Rancangan Undang-Undang Tentang Hukum Acara Perdata, Bidang Hukum Info Singkat Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, Vol. XII, No.23/I/Puslit/Desember/2020, Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, tersedia di https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info%20Singkat-XII-23-I-P3DI-Desember-2020-240.pdf, diakses pada 30 Juni 2022.

Dwi Agustine, Pembaharuan Sistem Hukum Acara Perdata, Jurnal RechtsVinding : Media Pembinaan Hukum Nasional, 15 Juni 2017, tersedia di https://rechtsvinding.bphn.go.id/jurnal_online/rechtsvinding_online_PEMBAHARUAN%20SISTEM%20HUKUM%20ACARA%20PERDATA.pdf, diakses pada 30 Juni 2022.


Article Metrics

Abstract has been read : 1112 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/bppm.v1i1.13114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aurora Meliala, Anis Rifai

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BPPM Stats

Office:
Program Studi Hukum, Fakultas Hukum, Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : hukum@unipma.ac.id