PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMUNIKASI INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA GURU SMK PGRI WONOASRI
DOI:
https://doi.org/10.25273/jap.v5i1.1185Keywords:
Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komunikasi Internal, Efektivitas KerjaAbstract
Efektivitas kerja guru sangat diperlukan dalam organisasai sekolah karena yang menentukan kualitas sekolah tersebut adalah keberhasilan dari kerja guru. Bila seorang guru dapat bekerja dengan efektif berarti guru tersebut dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik dan tepat waktu serta dapat mengatasi masalah-masalah yang dihadapi saat bekerja. Dengan adanya efektivitas kerja guru yang baik maka semua rencana yang telah dibuat sebelumnya akan dapat terlaksana sepenuhnya. Efektivitas kerja ini dapat ditunjang dengan dua hal yaitu komunikasi internal yang berjalan dengan baik dan kepala sekolah sebagai manajer dalam lingkup sekolah mampu memimpin organisasai sekolah tersebut dengan baik pula. Jadi peningkatan efektivitas kerja para guru dapat dipengaruhi oleh komunikasi internal dan kualitas kepemimpinan dari kepala sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi internal terhadap efektivitas kerja guru di SMK PGRI Wonoasri. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis hubungan kausal yang merupakan hubungan sebab akibat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 47 responden yang merupakan guru di SMK PGRI Wonoasri. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh sehingga semua populasi guru sejumlah 47 orang menjadi sampel penelitian. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan regresi linier berganda
Hasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh secara parsial kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Efektivitas Kerja Guru SMK PGRI Wonoasri, 2) ada pengaruh secara parsial komunikasi internal terhadap Efektivitas Kerja Guru SMK PGRI Wonoasri, 3) Ada Pengaruh secara simultan kepemimpinan Kepala Sekolah dan komunikasi internal terhadap efektivitas kerja guru SMK PGRI WonoasriDownloads
References
Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen.Jakarta: Mitra Wacana Medi
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Danim, Sudarman. 2006. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara
Daryanto. 2013. Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Effendy, Onong Uchjana. 2006. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Fathoni, Abdurrahmat. 2009. Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penelitian Universitas Diponegoro
Hardjana, Andre. 2016. Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara Mulyasa, H.E. 2013. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
. 2014. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nurkolis. 2006. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Grasindo
Pace, Wayna R dan Faules. 2015. Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan : Deddy Mulyasa, MA.Ph.D. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Priansa, Donni Juni dan Gornida. 2013. Manajemen Perkantoran Efektif, Efisien dan Profesional. Bandung: Alfabeta
Priyatno, Dwi. 2010. Paham Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediacom
Purwanto, Ngalim. 2012. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdaarya
Romli, Khamsahrial. 2014. Omunikasi Organisasi Lengkap. Jaarta: PT Gramedia
Siagian, Sondang. 2015. Teori dan Praktik Kepemimpinan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Situmeang, Hona V. Oisina. 2016. Komunikasi Organisasi dalam Perspektif Objektif dan Perspektif Subjektif. Yogyakarta: Ekuilibria
Soetopo, Hendayat. 2012. Perilaku Organisasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi ( Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Perjanjian Lisensi dan Hak CiptaSaat mengirimkan naskah ke jurnal, penulis menyatakan bahwa:
- Mereka diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk masuk ke dalam perjanjian ini.
- Karya yang dimaksud belum pernah diterbitkan secara resmi sebelumnya, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari kuliah, resensi, tesis, atau overlay jurnal yang diterbitkan.
- Karya yang dimaksud tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain,
- Publikasi karya yang dimaksud telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang bertanggung jawab - secara tahu sama tahu atau eksplisit - dari lembaga tempat pekerjaan itu dilakukan.
- Mereka mengamankan hak untuk mereproduksi materi apa pun yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
- Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta berikut.
Penulis yang menerbitkan dengan ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara daring (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Â
Â
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Their co-authors authorize them to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except as an abstract or part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material already published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during submission, as it can lead to productive exchanges and earlier and more extraordinary citations of published work.
ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.