PENDAMPINGAN DIGITALISASI PEMASARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK UMKM SAMBEL PECEL ASLI SELO MADIUN

Karuniawati Hasanah, Tiffany Aulia Widjaya, Salas Fatkur Rohman Afif

Abstract


Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran produk Sambel Pecel Asli Selo di Kota Madiun melalui strategi bisnis digital. Mitra utama kegiatan ini adalah Bapak Ridho Nur Wijaya, pemilik home industry Sambel Pecel Madiun Asli Selo. Saat ini, mitra menghadapi beberapa kendala dalam pemasaran, termasuk keterbatasan informasi produk, minimnya penetrasi pasar, dan absennya keberadaan toko online. Dalam pendampingan ini, dilakukan pembaharuan melalui bisnis digital dengan memberikan materi tentang pentingnya desain kemasan, optimalisasi penggunaan media sosial, arahan dalam menentukan strategi pemasaran, dan bantuan dalam membuat akun online shop. Tiga varian rasa sambel pecel dipasarkan, mulai dari pedas, sedang, hingga ekstra pedas. Pemasaran dilakukan melalui Instagram dan reseller, tetapi informasi produk seringkali tidak akurat dan kalah saing dari reseller. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan dampak positif terhadap mitra, di mana materi-materi bisnis digital mengubah cara mitra memasarkan produk. Setelahnya, mitra dapat mempelajari pengelolaan keuangan untuk kelangsungan aktivitas penjualan produk. Pendampingan ini memberikan manfaat bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan pengetahuan, bagi mitra dalam mengembangkan pemasaran melalui media sosial, dan bagi masyarakat untuk dapat mengakses produk secara lebih luas. Perguruan Tinggi juga mendapatkan peluang untuk berkolaborasi secara berkelanjutan dengan UMKM sebagai tempat pengabdian mahasiswa.

Kata Kunci: Bisnis Digital, Pemasaran, Sambel Pecel, UMKM, Pendampingan Masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Liputan6.com. (2022). Asal Usul Pecel Madiun Legenda Kuliner Khas Jawa Timur. Diakses dari https://www.liputan6.com/jatim/read/4867063/asal-usul-pecel-madiun-legenda-kuliner-khas-jawa-timur.

Yuniarti, T., Faujiyah, F., Rizal, M. A., & Bani, F. D. (2022). Digitalisasi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Wilayah Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(2), 121-126.


Article Metrics

Abstract has been read : 70 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v3i02.20717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
 

Office:
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : wirakarya@unipma.ac.id