PEMBERDAYAAN INOVASI DAN PEMASARAN UMKM NASI BAKAR PAK GOPAL
Abstract
Pendampingan UMKM sebagai wujud dukungan terhadap usaha mikro kecil dan menengah untuk bertumbuh dan mencapai titik berdaya. Tujuan pengembangan UMKM tidak hanya menyejahterakan pelaku usaha saja namun dalam perkembangan lebih lanjut dapat memberdayakan masyarakat sekitar. Proses menuju tahap tersebut harus diawali dengan memperkuat masing-masing UMKM secara tata kelola internal dapat memberikan dampak ekonomi bagi pelaku usaha. Pada pendampingan UMKM Nasi Bakar “Pak Gopal” melalui optimalisasi penggunaan digital marketing sebagai bagian strategi pemasaran. Pendampingan ini berfokus pada menjangkau konsumen lebih luas melalui optimalisasi penggunaan sarana sosial media marketing dan penjualan melalui platform online seperti Go Food pada aplikasi Gojek. Dengan mempertahankan kualitas produk dan menjaga konsistensi dalam setiap hidangan UMKM Nasi Bakar “Pak Gopal” dapat mempertahankan pelanggan dalam pasar yang lebih luas.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Sosial Media Marketing.
Full Text:
PDFReferences
Faiz Muntazori, A., & Listya, A. (2021). Branding UMKM Produk Kopi Bang Sahal melalui Desain Logo. 1(3), 342–351. www.gatra.com
Hapsoro, B., Palupiningdyah, & Slamet, A. (2019). Peran digital marketing sebagai upaya peningkatan omset penjualan bagi klaster UMKM.
Komalasari, E., Widiawati, D., & Puteri, N. E. (2021). Pendampingan Pengurusan P-IRT UMKM Pangan di Desa Cikidang, Sukabumi. 03, 1.
Syari Harahap, H., Komala Dewi, N., Prawesti Ningrum, E., Ilmu Komunikasi, F., Bhayangkara Jakarta Raya, U., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. In Journal of Community Services in Humanities and Social Sciences (Vol. 3, Issue 2).
Article Metrics
Abstract has been read : 69 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v3i02.20590
Refbacks
- There are currently no refbacks.