SOSIALISASI PENGUATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA

Erma Wulan Sari, Aliffianti Safiria Ayu Ditta, Ahmad Nur Aziz, Wahyuning Diah

Abstract


UMKM adalah kelompok usaha yang memiliki persentase serta kontribusi yang besar di Indonesia. Maka sudah menjadi keharusan untuk melakukan penguatan kelompok UMKM. Kegiatan pengabdian masayarakat ini bertujuan untuk memberikan penguatan pemahaman dan pengetahuan kepada pelaku UMKM di Desa Tiron tentang pentingnya peran UMKM dalam membantu ekonomi keluarga, serta memberikan pengetahuan tentang strategi bersaing di pasar dengan memberikan penyuluhan terkait pembuatan laporan keuangan yang benar, cara melakukan pengemasan produk yang berinovasi dan menarik. Manfaat yang akan diperoleh dengan adanya sosialisasi dan pelatihan ini yaitu para pelaku UMKM di desa Tiron akan lebih tergerak dalam mengembangkan kegiatan usaha serta memahami cara membuat laporan keuangan yang benar, pengemasan produk yang menarik dan berinovasi sehingga dapat meningkatkan produktivitas usahanya.

Kata Kunci: Sosialisasi, Penguatan, Pelaku UMKM.


Full Text:

PDF

References


Dahlan, M. (2017). Peran Pengabdian Pada Masyarakat Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Padjajaran, 1(2), 81-86.

Marpaung, dkk. (2022). Sosialisasi Peran Umkm Dalam Peningkatan Ekonomi Keluarga Di Warga Rw.001 Kecamatan Batu Aji Kelurahan Bukit Tempayan Kota Batam. Jurnal Minda Baharu. 6 (1), 91-100


Article Metrics

Abstract has been read : 11 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v3i02.20588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Office:
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : wirakarya@unipma.ac.id