PEMASARAN PRODUK: PENINGKATAN PACKAGING DAN LABELING PADA UMKM ANGGOTA UP2K PKK DESA TIRON KECAMATAN MADIUN KABUPATEN MADIUN

Authors

  • Yolanda Dhamayanti Universitas PGRI Madiun
  • Rihan Mustafa Zahri Universitas PGRI Madiun
  • Theresia Budi Sucihati Universitas PGRI Madiun
  • Agnia Henryeta Andika Putri Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/wjpm.v3i02.20587

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan bertujuan untuk memberikan pendampingan dan pelatihan kepada anggota UMKM UP2K PKK Desa Tiron Kecamtan Madiun Kabupaten Madiun terkait pemasaran produk dengan meningkatkan packaging dan labeling. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode Participation Action Research (PAR). Secara umum tahapan metode Participation Action Research (PAR) terangkum ke dalam tahapan yang dimulai dari tahap observasi, perumusan masalah, kemudian dilanjut dengan rencana aksi dan tahap tindakan atau pelaksanaan program. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah para pelaku UMKM mendapatkan wawasan baru mengenai packaging dan labeling, dengan adanya kegiatan tersebut UMKM menjadi lebih percaya diri dalam memasarakan produknya.

Kata Kunci : Pemasaran Produk, Packaging, Labeling, UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bakhri, S. and Futiah, V. (2020) ‘Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Melalui Teknologi Digital di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 2(2), p. 59. doi: http://dx.doi.org/10.32493/JLS.v2i2.p59-70

Belch, G. E., & Belch, M. A. (2021). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective (12th ed.). McGraw-Hill Education.

Ditta, A.S.A & Dea Candrani, A. (2023). Pelatihan Pembukuan Sederhana dan Implementasi Point of Sales Pada UMKM Kota Madiun. Society: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4 (1), 36 – 46. https://doi.org/10.37802/society.v4i1.366

Kadin Indinesia https://kadin.id/data-dan-statistik/umkm-indonesia/

Kotler, Philip, (2018). Marketing Management Edisi 14, Global Edition. Pearson Prentice Hall.

Rodriguez. 2018. Inovasi Kemasan atau pengemasan Potensi Kembangkan Produk Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 52 (11), 54-67

Safeí, A. A., Ono, A., & Nurhayati, E. (2020). Pengembangan Masyarakat Perspektif Islam dan Barat. https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36344

Westwood, J. (2016). How to Write a Marketing Plan. London: Kogan Page Ltd.

Downloads

Published

2024-07-14

Issue

Section

Articles