PEMASARAN PRODUK: PENINGKATAN PACKAGING DAN LABELING PADA UMKM ANGGOTA UP2K PKK DESA TIRON KECAMATAN MADIUN KABUPATEN MADIUN

Yolanda Dhamayanti, Rihan Mustafa Zahri, Theresia Budi Sucihati, Agnia Henryeta Andika Putri

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan bertujuan untuk memberikan pendampingan dan pelatihan kepada anggota UMKM UP2K PKK Desa Tiron Kecamtan Madiun Kabupaten Madiun terkait pemasaran produk dengan meningkatkan packaging dan labeling. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode Participation Action Research (PAR). Secara umum tahapan metode Participation Action Research (PAR) terangkum ke dalam tahapan yang dimulai dari tahap observasi, perumusan masalah, kemudian dilanjut dengan rencana aksi dan tahap tindakan atau pelaksanaan program. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah para pelaku UMKM mendapatkan wawasan baru mengenai packaging dan labeling, dengan adanya kegiatan tersebut UMKM menjadi lebih percaya diri dalam memasarakan produknya.

Kata Kunci : Pemasaran Produk, Packaging, Labeling, UMKM.


Full Text:

PDF

References


Bakhri, S. and Futiah, V. (2020) ‘Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Melalui Teknologi Digital di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 2(2), p. 59. doi: http://dx.doi.org/10.32493/JLS.v2i2.p59-70

Belch, G. E., & Belch, M. A. (2021). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective (12th ed.). McGraw-Hill Education.

Ditta, A.S.A & Dea Candrani, A. (2023). Pelatihan Pembukuan Sederhana dan Implementasi Point of Sales Pada UMKM Kota Madiun. Society: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4 (1), 36 – 46. https://doi.org/10.37802/society.v4i1.366

Kadin Indinesia https://kadin.id/data-dan-statistik/umkm-indonesia/

Kotler, Philip, (2018). Marketing Management Edisi 14, Global Edition. Pearson Prentice Hall.

Rodriguez. 2018. Inovasi Kemasan atau pengemasan Potensi Kembangkan Produk Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 52 (11), 54-67

Safeí, A. A., Ono, A., & Nurhayati, E. (2020). Pengembangan Masyarakat Perspektif Islam dan Barat. https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36344

Westwood, J. (2016). How to Write a Marketing Plan. London: Kogan Page Ltd.


Article Metrics

Abstract has been read : 90 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v3i02.20587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
 

Office:
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : wirakarya@unipma.ac.id