POTENSI CUAN DIGITAL MARKETING: PENDAMPINGAN BAGI BUMDES “KARYA MULYA SOBONTORO” KABUPATEN MAGETAN
Abstract
Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilakukan dengan tujuan memberikan pendampingan tentang digital marketing bagi pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam rangka membantu para pengelola BUMDes untuk mengembangkan pemasaran secara digital atau online dalam memasarkan produk. Bentuk pengabdian ini dilaksanakan melalui kegiatan pelatihan dengan metode pemberian materi secara ceramah, pemberian contoh studi kasus, diskusi, praktek langsung serta pendampingan langsung ke pengelola BUMDes. Metode Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR), melakukan kegiatan untuk membantu menyelesaikan kesulitan yang di hadapi BUMDes Karya Mulya Sobontoro. Hasil pengabdian masyarakat menyatakan pengelola BUMDes mampu memahami dan mendapatkan pelatihan tetang digital marketing. Hasil pengabdian ini memberikan kontribusi bagi pengelola BUMDes dalam melakukan pemasaran terutama dalam menggunakan media online yang menyesuaikan era kemajuan teknologi.
Kata Kunci: BUMDes, digital marketing, Kabupaten Magetan.
Full Text:
PDFReferences
Mahmudi, A. A. (2020). Penerapan Teknologi Informasi dan Pengembangan Manajemen BUMDES “Bangun Yuwana” Desa Sumberjo Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang. Jurnal Pengabdian Vokasi 01(03) , pp.164–167.
Wibisono, A. F. (2020). Optimalisasi Fungsi Bumdes Melalui Inovasi Dan Manajemen Organisasi Sebagai Upaya Meningkatkan Kemandirian Desa. Jurnal Abdimas Madani dan Lestari (JAMALI), 2(1) , pp. 1–9.
Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 Tentang Desa. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2021 Tentang Badan Usaha Milik Desa. Undang-undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.
Article Metrics
Abstract has been read : 65 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v3i02.20585
Refbacks
- There are currently no refbacks.