Memajukan UMKM Lokal: Pendampingan UMKM Dalam Penggunaan Digital Marketing, Digitalisasi Keuangan, dan Peningkatan Sumber Daya Manusia Pada Camilane Ifa, Wonoasri, Madiun
DOI:
https://doi.org/10.25273/wjpm.v3i01.19110Abstract
Penelitian ini menyoroti permasalahan yang dihadapi oleh UMKM "Susu Kedelai Maknyus" yang meliputi kendala dalam pemasaran yang belum terdigitalisasi, manajemen sumber daya manusia yang belum optimal, serta pencatatan keuangan yang masih manual. Melalui keterlibatan mahasiswa, solusi yang ditawarkan mencakup pendampingan dalam pengembangan produk, pemasaran terintegrasi dengan pendekatan digital, pelatihan dalam penggunaan aplikasi digital untuk manajemen keuangan, serta pengenalan format laporan keuangan digital. Metode penelitian melibatkan serangkaian tahapan terstruktur mulai dari observasi, pengumpulan informasi, pemetaan masalah, hingga implementasi solusi yang direncanakan. Hasil dari pendampingan UMKM ini mencakup inovasi produk, strategi pemasaran yang lebih luas dan terintegrasi, peningkatan kemampuan manajemen keuangan, serta transformasi dari pencatatan keuangan tradisional menjadi digital. Diharapkan, hasil penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan dan peningkatan efisiensi operasional UMKM "Susu Kedelai Maknyus" dalam menghadapi tantangan di era digital.
Kata Kunci: UMKM, Pemasaran, Susu Kedelai, Pendampingan Masyarakat.
Downloads
References
Ali, R. (2013). Strategi Penguatan Ekonomi Domestik dan Digitalisasi dalam Meningkatkan Ketahanan Ekonomi: Studi Kasus Industri Pengolahan di Jawa Barat dengan Pendekatan NDEAS- Model. WJES, 1(1). http://www.nber.org/papers/w16019
Poenna, D. (2023). Peran PT LKMS Mahirah Muamalah Dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ditinjau dari Maqashid Syariah di Kota Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).
Tribudhi, D. A. (2022). Bab 7 Strategi Branding Dan Marketing Umkm. Ekonomi Kreatif, 146.