Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pelatihan Praktikum Akuntansi Pemerintah Pada SMKN 1 Geger, Kabupaten Madiun

Juli Muwarni, Nik Amah, Abd. Rohman Taufik

Abstract


Akuntansi pemerintahan merupakan instrumen penting dalam pengelolaan keuangan sektor pemerintahan untuk mendukung stabilitas perekonomian. Akuntansi pemerintahan dapat meningkatkan transparansi, menjamin keakuratan dan kepatuhan di sektor pemerintahan, serta meningkatkan kualitas pengambilan keputusan. Saat ini, sektor pemerintahan menuntut sumber daya manusia yang kompetitif untuk berpartisipasi aktif dalam pengelolaan keuangan guna mencapai tata kelola yang baik. Menyikapi kebutuhan sumber daya tersebut, Tim Pengabdian kepada Masyarakat memberikan pelatihan praktikum akuntansi pemerintahan kepada siswa SMK N 1 Geger. Tim berharap pelatihan ini dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan kompetensi siswa SMK N 1 Geger tentang Akuntansi Pemerintahan. Kegiatan dilaksanakan secara luring di ruang laboratorium komputer SMK N 1 Geger dengan jumlah peserta 23 orang. Perhatian siswa terhadap materi pelatihan sangat baik, terbukti dengan keaktifan siswa dalam melaksanakan praktikum, serta meningkatnya pemahaman siswa tentang konsep dan penerapan akuntansi pemerintahan yang terlihat dari hasil evaluasi. Saran bagi SMK N 1 Geger untuk mendukung siswa dalam meningkatkan pengetahuannya mengenai akuntansi pemerintahan dan akuntansi sektor publik lainnya seperti akuntansi badan layanan umum, akuntansi pemerintahan desa dan akuntansi tempat ibadah.

Kata Kunci: Akuntansi Pemerintahan, Kompetensi, Good Governance, Sektor Publik.


Full Text:

PDF

References


Darnella, R., Syarifah, D. Afriansyah. (2020). Penerapan Metode Concept Mapping (Peta Konsep) dan pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Gerak di MAN 1 Palembang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains, Vol. 9, No. 1.

Negoro, R.A., H. Hidayah, A. Rusilowati, B. Subadi. (2018). Upaya Membangun Ketrampilan Berpikir Kritis Menggunakan Peta Konsep untuk Mereduksi Miskonsepsi Fisika. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), Vol. 3, No. 1. DOI: http://dx.doi.org/10.26740/jp.v3n1.p45-51

Nurhaliza, E.T., Lestari, F. Irawani. (2021). Analisis Metode Ceramah Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Di Kelas VII SMP Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu . Historica Didaktika: Jurnal Pendidikan Sejarah, Budaya Sosial. Vol. 1, No. 2.

Sormin, E. (2023). Use of Practicum Learning Methods in Improving Learning Outcomes. International Journal of Social Science and Human Research, Vol. 06, Issue 07 July 2023. DOI: 10.47191/ijsshr/v6-i7-40.

Sulfiyah dan Cahyaningsih, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Praktikum Terhadap Prestasi Belajar Ipa Siswa Kels IV Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2021 “System Thinking Skills dalam Upaya Transformasi Pembelajaran di Era Society 5.0”. Agustus 2021.


Article Metrics

Abstract has been read : 78 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v3i01.19104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Office:
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : wirakarya@unipma.ac.id