Pelatihan Laporan Keuangan dan Pemasaran Secara Online Guna Optimalisasi Penjualan

Anny Widiasmara

Abstract


UKM Stik dan Mie ENdy merupakan usaha rumahan yang dimiliki oleh ibu etik seorang ibu rumah tangga yang beralamatkan di jl. Alang - alang no. 45 demangan Madiun. , usaha stik dan mie endy mulai di rintis sejak tahun 2012. Awalnya usaha ini hanya membuat stik saja. Namun seiring berjalanya waktu stik endy mengluarkan produk baru yaitu mie endy. Stik endy memiliki 6 varian rasa yaitu, rasa original, wortel, sawi, brokoli, seledri dan keju dan  mie endy mempunyai 5 rasa yaitu rasa keju, jagung manis,  sapi panggang, ayam bawang dan BBQ. Kendala saat ini yang di rasakan ibu etik adalah kurangnya pengetahuan tentang teknologi pemasaran secara online. Beliau juga belum membaut laporan keuangan untuk produknya, sehingga ibu etik tidak dengan jelas mengetahui laba yang sudah di dapatnya setiap bulan. Ibu etik hanya mencatat uang keluar untuk belanja pembuatan produknya dan uang yang masuk setalah produk laku terjual. Dan sebagai wirausaha seharusnya pembukuan laporan keuangan dicatat dengan jelas agar mengetahui berapa laba yang sudah di dapatkan. Adapun metode pendekatan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat yaitu dengan pendampingan secara langsung pada kegiatan pengoptimalisasian penjualan dan digital marketing, melalui media sosial serta penerapan pembuatan laporan keuangan dalam upaya peningkatan daya saing UMKM. Hasil yang dicapai melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat adalah sebagai berikut: 1. para pelaku UMKM Mie dan Stik ENDY hendaknya bisa memanfaatkan media digital sebagai salah satu upaya pemasaran produknya sehingga konsumen lebih mengenal produk yang dihasilkan oleh UMKM tersebut 2. Pencatatan keuangan dari UMKM Mie dan Stik ENDY untuk kedepannya lebih tertata dan lebih jelas antara pemasukan,pengeluran, beban beban dan labanya.

Kata Kunci: Digital Marketing, Media Sosial, Pembuatan Laporan Keuangan.

Full Text:

PDF

References


Chairia, C., Ginting, J. V. B., Ramles, P., & Sabrina, Y. (2021). Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Umkm Pancur Batu Di Desa Baru Kecamatan Pancur Batu. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 323-330

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.

Syifa, Y. I., Wardani, M. K., Rakhmawati, S. D., & Dianastiti, F. E. (2021). Pelatihan UMKM melalui digital marketing untuk membantu pemasaran produk pada masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 6-13.

Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92-96.


Article Metrics

Abstract has been read : 69 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v3i01.19103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Office:
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : wirakarya@unipma.ac.id