Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Bagi UMKM untuk Memperkuat Ekonomi Masyarakat "Roti Rumahan Dona's House"

Authors

  • Robby Sandhi Dessyarti Universitas PGRI Madiun
  • Putri Oktovita Sari Universitas PGRI Madiun
  • Dwi Murniyati Universitas PGRI Madiun
  • Dwi Kartika Sari Universitas PGRI Madiun
  • Fadhillah Andi Heryawan Universitas PGRI Madiun
  • Nanda Intan Fatmawati Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/wjpm.v2i01.15385

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan usaha yang berdiri sendiri, dengan kekayaan tertentu dan tidak termasuk tanah dan bangunan. Kegiatan perekonomian rakyat dengan skala kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah persaingan antar usaha lainnya secara tidak sehat merupakan pengertian UMKM menurut keputusan Presiden RI no.99 tahun 1998. Di Indonesia sendiri UMKM bisa dikatakan sebagai tulang punggung perekonomian di negara, karena UMKM di Indonesia menyumbang 60% dari PDB dan menampung 97% tenaga keja yang ada di berbagai daerah. Di indonesia sendiri, lembaga pembinaan UMKM melalui Dinas Koperasi dan UKM di setiap provinsi atau kabupaten/Kota.

Kata Kunci: Pemasaran, UMKM, Produksi, Manajemen Sumber Daya Manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-01-16

Issue

Section

Articles