Labeling Dan Packaging Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Keripik Tempe Barokah Desa Garon Balerejo Madiun
Abstract
Tujuan dari implementasi pengabdian masyarakat adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dari labeling produk dan packaging mulai dari desain, model desain, pembentukan, sampai pengerjaan akhir kepada pelaku UMKM keripik tempe Barokah di Desa Garon Balerejo Madiun. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi ceramah, diskusi, demonstrasi, praktik, dan pengamatan. Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan metode yang ditentukan sebelumnya. Selain meningkatkan pengetahuan peserta dalam labeling produk, peserta juga memiliki kemasan baru dan menarik. Hasil survei kemasan baru menunjukkan bahwa responden rata-rata menyukai kemasan baru para peserta. Dengan kata lain, kemasan baru dapat menarik konsumen.
Kata Kunci: Labeling, Packaging, UMKM.
Full Text:
PDFReferences
Arman Hj. A, , Fauzi , R. U. A. Ditta , A. S. A. Idris , I.& Yazi, M. F. M. (2020) The Role of Perceived Benefits and Perceived Risks Towards the Consumers’ Purchase Intention Via ECommerce: An Evidence From Indonesia, Solid State Technology, vol. 63, no. 2s, pp. 3257 – 3274
Gonzalez, M.P., Thorhsbury S., & Twede D. 2007. Packaging as a tool for product development: Communicatingvalue to consumers. Journal of Food Distribution Research, 38 (1): 61-66.
Fauzi, R.U.A (2019).The Role Of Free Wireless Fidelity (Wi-Fi) Service, Food Quality, And Servicescape Toward Customer Satisfaction. Asian journal of social science research volume 2, issue 2
Fauzi, R.U.A (2020). Marketing Strategy Analysis and Product Innovation making added Value Bitter Melon. Jurnal Keuangan Dan Bisnis ,volume 18(1) 107-115
Fauzi, R. U. A. Kadi, D. C. A. Utomo, R. C. Dewi, L. &Muhtar, S. R. (2020). Branding dan Product Inovation Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Krupuk Bawang Desa Mrahu Kartoharjo Magetan,” Madaniya, vol. 1, no. 1, pp. 1 44-52
Fauzi R. U. A. (2021).The Influence of Business Plan Competition and Loan Provision on Nurturing the Spirit of Entrepreneurship Among Students, Advances in Economics, Business and Management Research, volume 161, Proceedings of the Conference on International Issues in Business and Economics Research (CIIBER 2019) pp.188-192, https://dx.doi.org/10.2991/aebmr.k.210121.028
Fauzi, R. U. A Kadi D. C. A., Ernanda, G. K. S. Triwidya, P. & Adhelia, S. (2021). Keefektifan Peran Digital Marketing Melalui Media Sosial Dalam Proses Pemasaran Produk Galeri UMKM Ekawira, Kare Madiun, Indonesia Berdaya, vol. 2 no. 1, pp. 21 – 30
Kadi, D. C. A., Fauzi, R. U. A. & Cahyani B. B. (2020) Strategi Pemasaran World of Mouth dan Online Dalam Sentra Industri Rumah Abon Ikan Lele di Jiwan Kabupaten Madiun. Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum 1(2) 49-52
Kotler,P & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
M, K., & D, B. (2004). Acuan label gizi. Di dalam: Ketahanan Pangan dan Gizi di Era Otonomi Daerah dan Globalisasi. Prosiding Widya Karya Nasional Pangan Dan Gizi VIII, 431–444.
Philipson, & Thomas. (2005). Government Perspective: food labeling
UU No. 20 Tahun 2008 Tentang UMKM
Wells, L. E., Farley, H., & Armstrong, G. A. 2007. The importance of packaging design for own-label foodbrands. International Journal of Retail and Distribution Management, 35 (9), 677-690
.
Wirya, I. 1999. Kemasan yang Menjual. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
https://m.diadona.id/career/pengertian-umkm-menurut-para-ahli-dan-undang-undang-yang-harus-dipahami-sebagai-pebisnis-200710y.html
https://idcloudhost.com/pengertian-umkm-menurut-undang-undang-kriteria-dan-ciri-ciri-umkm/
Article Metrics
Abstract has been read : 2910 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v1i01.11795
Refbacks
- There are currently no refbacks.