Analisis Strategi Pemasaran di UD. XYZ Menggunakan Metode SWOT

Wahyu Widodo, Aan Zainal Muttaqin, Erny Untari

Abstract


Abstrak

Kulit merupakan salah satu bahan baku dari barang pakai seperti tas, sepatu, dan jaket. UD. XYZ merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang penyamakan kulit sebagai bahan baku pembuatan sepatu dan tas yang terbuat dari kulit. Untuk menentukan strategi pada UD. XYZ dalam menjalankan usahanya yaitu menggunakan tools yang bisa di terapkan yaitu analisis SWOT guna menentukan bagaimana strategi kedepannya yang harus dilakukan. Dalam penelitian ini didapatkan hasil yaitu 0,941 pada faktor internal dan 1,064 pada faktor eksternal yang menunjukan UD.XYZ berada pada strategi agresif yang artinya perusahaan memiliki peluang dan kekuatan untuk memanfaatkan kekuatan yang ada dengan cara mempertahankan kesesuaian barang demi menjaga kepercayaan dan menjalin hubungan baik dengan pelanggan, memanfaatkan kerjasama dengan pengrajin, pemasok dan pembeli dengan baik serta mengombinasikan alur pembelian yang mudah dengan memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan penjualan.

Kata Kunci : Kulit, Strategi Pemasaran, SWOT.

 

Abstract

Leather is one of the raw materials for goods such as bags, shoes, and jackets. UD. XYZ is one of the businesses engaged in leather tanning as a raw material for making shoes and bags made of leather. To determine the strategy on UD. XYZ in running a business is using a tool that can be used, namely a SWOT analysis to determine how the future strategy should be done. In this study, the results obtained are 0.941 on internal factors and 1.064 on external factors which show UD.XYZ is on an aggressive strategy which means the company has the opportunity and strength to take advantage of existing strengths by maintaining goods in order to maintain trust and establish good relationships with customers, make good use of collaborations with craftsmen, suppliers and buyers and combine an easy purchasing flow by leveraging social media to increase sales.

 

Keywords: Leather, Marketing Strategy, SWOT.


Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Sholeh, I. I., & Hartono, B. (2022). Strategi Pengembangan Pemasaran Kerupuk “ UD AGUNG ” dengan Metode Analisis SWOT. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Menejemen Universitas Bina Sarana Informatika, Vol. 20, No. 1.

Saputra, G. C., Amliyani, D., Dewi, F., Azhari, U., Wahyuni, U., Putra, R. B., Fitri, H. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Jasuke. Research & Learning in Primary Education, Vol. 2, No. 1.

Mas’ari, A., Hamdy, M. I., & Safira, M. D. (2020). Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) pada PT. Haluan Riau. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, Vol. 5, No. 2).

Ardin, R., Zulkifli., Miranda, A., Sihite, M. (2022). Implementasi The Three Horizons Dalam Strategi Kinerja Korporasi Berkelanjutan Dengan Menganalisis Integrasi Bisnis Holding Dan Anak Perusahaan Pt. Mora Telematika Indonesia. Jurnal EKOBISMAN, Vo. 6, No. 3

Sofianto, C. G., Sutanto, F. L., Irianjani, M., Salim, N. I., Regina, V. M., Putra, R. B., Fitri, H. (2021). Analisis Strategi Bersaing Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Mikrodi Masa Pandemi Covid-19. Research & Learning in Primary Education, Vol. 1, No. 2.

Saputri, T. D. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Home Industri Menggunakan Metode Analisis SWOT (Studi Kasus Kopi KOhl Di Desa Gumiwang Kecamatan Kejebong Kabupaten Purbalingga. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam.

Daryanto, L. H., Hasiholan, L. B., & Seputro, A. (2019). The Influence Of Marketing Mix On The Decision To Purchase Martabak “Setiabudi” Pak Man Semaran. Journal of Management, Vol. 5, No. 5.

Nurlina, F., & Sas'ari, U. (2022). Marketing Mix , Implementation of Marketing Strategies in Health Services : Literature Review. Healtcare Nursing Journal, Vol.4, No. 1.

Widiawati, K., & Miliniati, N. (2022). Implementasi Bauran Strategi Pemasaran Produk“Meat” Berdasarkan Analisis Swot Pada PT. Dua Putra Perkasa Pratama. Jurnal Ilmiah Ilmu Sekretari / Administrati Perkantoran, Vol. 9, No. 1.

Rahim, H. A., Radjab, E. (2017). Manajemen Strategi. Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar.

Juwita, A. R. I. (2019). analisis SWOT Dalam Meningkkatkan Strategi Pemasaran Pada Usaha Furniture Di Some Renders Madiun. Skripsi Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo. Ponorogo.

Budiman, T., (2017). Analisis SWOT Pada Usaha Kecil Dan Menengh. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis IAIN Metro Lampung. Lampung

Yazid, A., Rusyda I., Ernawati, A (2019). Strategi Pengendalian Banjir Di Keruak Kabupaten Lombok Timur Dengan Analytical Hierarchy Process Ahp. Jurnal Teknk Skala Fakultas Teknik UMMAT, Vol. 1, No. 1.

Sari, D. P., & Oktafianto, A. (2017). Penentuan Strategi Bisnis Menggunakan Analisis Swot Dan Matriks Ifas – Efas Pada Cv. Dinasty. Seminar Nasional IENACO. ISSN : 2337-4349.

Huda, A. M., & Martanti, D. E., et. al(2018). Pengantar manajemen strategik. In Jayapangus Press Books. Blitar.


Article Metrics

Abstract has been read : 332 times
DOWNLOAD PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/set-up.v1i2.13446.124-130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SET-UP : Jurnal Keilmuan Teknik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  

 Creative Commons License

SET-UP : Jurnal Keilmuan Teknik by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/SET-UP/index is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats