Analisis SWOT Sebagai Strategi Pengembangan Usaha Roti Kacang UD Berkah Gemilang Magetan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Moh. Roqiqul Azzizi
Aloysius Tommy Hendrawan
Erny Untari

Abstract

Penelitian ini dilakukan di UMKM roti UD Berkah Gemilang Magetan. UD Berkah Gemilang merupakan UMKM yang bergerak dalam bidang industri makanan yang produknya adalah roti kacang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi internal dan eksternal yang sedang terjadi didalam UD Berkah Gemilang. Penelitian ini juga menganalisis kekuatan (Strengths), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunities), ancaman (Threats) dengan mempertimbangkan 4P (price, product, place, promotion) pada produk roti kacang UD Berkah Gemilang. Penerapan analisis SWOT diharapkan sebagai strategi yang dapat mengembangkan usaha UD Berkah Gemilang Magetan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode narasi data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa posisi produk roti kacang berapa pada kuadran I yaitu strategi agresif, artinya produk roti kacang diharuskan untuk memaksimalkan kekuatan untuk menghadapi peluang yang besar, dimana memiliki kekuatan besar dan peluang usaha yang luas untuk mengembangkan produknya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
M. R. Azzizi, A. T. Hendrawan, and E. Untari, “Analisis SWOT Sebagai Strategi Pengembangan Usaha Roti Kacang UD Berkah Gemilang Magetan”, Set-up, vol. 1, no. 1, pp. 94–101, Dec. 2022.

References

  1. Alamsyah, M. F., & Malanua, W. (2021). Pengaruh Investment Opportunity Set, Corporate Social Responsibility, Dan Risiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 11(2), 154. https://doi.org/10.12928/fokus.v11i2.4228
  2. Andika, M. (2020). Penerapan Analisis Swot Sebagai Strategi Pengembangan PT Al Mucthar Tour dan Travel dalam Perspektif Ekonomi Islam. In Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
  3. Anggraini, M. D., Muhtarom, A., & Safaatillah, N. (2019). Implementasi Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Analisis Swot Dalam Meningkatkan Penjualan Dan Pendapatan Pada Ud. Yoga Putra Bangkit Sambeng Lamongan. Jurnal Manajemen, 4(2), 963. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i2.253
  4. Artanti, A. D., Rohayati, I. Y., K, I. N., & Pd, M. (2021). Perancangan Perbaikan Aktivitas Pemasaran Pada Instagram Usaha Nona Manis Menggunakan Metode Benchmarking dan Analytical Hierarchy Process (AHP). E-Proceeding of Engineering, 8(2), 2271–2277.
  5. Astuti, A. M. I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 58–70.
  6. Alamsyah, M. F., & Malanua, W. (2021). Pengaruh Investment Opportunity Set, Corporate Social Responsibility, Dan Risiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 11(2), 154. https://doi.org/10.12928/fokus.v11i2.4228
  7. Andika, M. (2020). Penerapan Analisis Swot Sebagai Strategi Pengembangan PT Al Mucthar Tour dan Travel dalam Perspektif Ekonomi Islam. In Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
  8. Anggraini, M. D., Muhtarom, A., & Safaatillah, N. (2019). Implementasi Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Analisis Swot Dalam Meningkatkan Penjualan Dan Pendapatan Pada Ud. Yoga Putra Bangkit Sambeng Lamongan. Jurnal Manajemen, 4(2), 963. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i2.253
  9. Artanti, A. D., Rohayati, I. Y., K, I. N., & Pd, M. (2021). Perancangan Perbaikan Aktivitas Pemasaran Pada Instagram Usaha Nona Manis Menggunakan Metode Benchmarking dan Analytical Hierarchy Process (AHP). E-Proceeding of Engineering, 8(2), 2271–2277.
  10. Astuti, A. M. I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 58–70.
  11. Ciamas, E. S., Yonggo, F., Yuliana, Anggraini, D., & Vincent, W. (2019). Analisis SWOT Produk Deposito Pada PT. Bank Mestika Dharma Tbk Cabang Pembantu Setiabudi. Jurnal Ilmiah Kohesi, 3(3), 1–5.
  12. Dori, & Afuan, M. (2020). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN CAFE DAPOER ENHA SAGO KABUPATEN PESISIR SELATAN MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT DAN QSPM. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/JMPIS
  13. Erliningtias. (2020). Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Bersaing Pada Usaha Della Laundry. Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Bersaing Pada Usaha Della Laundry. http://dx.doi.org/10.1016/j.ndteint.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ndteint.2017.12.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.matdes.2017.02.024
  14. Freddy Rangkuti. (2002). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
  15. Hefniy, H., & Fairus, R. N. (2019). Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Kepegawaian. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 169–197. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.517
  16. Mas'ari, A., Hamdy, M. I., & Safira, M. D. (2020). Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) pada PT. Haluan Riau. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 5(2), 79. https://doi.org/10.24014/jti.v5i2.8997
  17. Nasution, S., & Trisnayanti, R. (2021). Strategi Pemasaran Kopi Lokal Bengkulu : SWOT , BCG dan Benchmarking ( Studi Kasus : Kopi 1001 ). Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntasi Dan Keuangan, 2(3), 263–271.
  18. Qanita, A. (2020). Analisis Strategi Dengan Metode Swot Dan Qspm (Quantitative Strategic Planning Matrix): Studi Kasus Pada D’Gruz Caffe Di Kecamatan Bluto Sumenep. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 11–24. https://doi.org/10.15575/jim.v1i2.10309
  19. Rossa & Fitri Laras. (2018). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Minat Berwirausaha Terhadap Motivasi Untuk Menjadi Young Entrepreneur Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam-UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO, 2(7), 38–42.
  20. Wawolumaya, E. D., Tampi, D. L., Rogahang, J. J., & ... (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Pada Rose Collection. … : Journal Of …, 134–141. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/Innovative/article/view/3344%0Ahttps://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/Innovative/article/download/3344/2197
  21. Wijayaningsih, N. F., Purnomo, E. P., Fathani, A. T., & Salsabila, L. (2021). Analisis Program Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Pada Masa Pandemi Covid-19 Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja Dan Administrasi Pelayanan Publik, 24(2), 98. https://doi.org/10.31845/jwk.v24i2.706